Pemimpin Muslim Unjuk Rasa Lawan Terorisme di Berlin

Annisa ayu artanti    •    Senin, 10 Jul 2017 00:13 WIB
terorisme
Pemimpin Muslim Unjuk Rasa Lawan Terorisme di Berlin
Ilustrasi demonstrasi/AFP/SPENCER PLATT

Metrotvnews.com, Berlin: Puluhan pemimpin muslim dari seluruh Eropa melakukan demonstrasi melawan teror di Berlin. Demonstrasi itu dilakukan di lokasi serangan truk pada Desember lalu.

Seperti dikutip AFP pada Minggu 9 Juli 2017, acara yang menarik beberapa ratus peserta ini merupakan bagian dari 'Barisan Muslim Melawan Terorisme' yang dipimpin oleh para imam. Para imam itu mulai berangkat dari Paris pada Sabtu malam.

Tempat yang menjadi titik pertemuan demonstarsi itu adalah ibu kota Jerman yakni di alun-alun Breitscheidplatz. Pada saat itu seorang warga Tunisa yang gagal mencari suaka membajak truk dan melakukan serangan di sebuah pasar natal yang menewaskan 12 orang.

Saat demonstrasi, para pemimpin Islam mengadakan doa untuk para korban. Doa tersebut juga dipanjatkan oleh umat Kristen.

Imam Hocine Drouiche dari kota Nimes, Perancis Selatan seperti yang dikutip oleh media Jerman mengatakan bahwa acara tersebut dimaksudkan untuk mengirim sebuah pesan persaudaraan melawan terorisme.

Uskup Lutheran untuk wilayah Berlin, Markus Droege juga memuji pada imam tersebut.

"Agama adalah jalan damai," katanya.

"Kekerasan, kebencian, dan teror itu mengkhianati iman dan mengkhianati Tuhan," imbuh dia.

Setidaknya sekitar 60 imam mengikuti tur ke kota-kota Eropa. Adapun kota yang akan disinggahi adalah Brussels, Toulouse, dan Nice. Kota tersebut mendapat serangan dari kelompok ekstrim

 


(DHI)