142 Pekerja Berhasil Diselamatkan dari Tambang Berlian Rusia

   •    Sabtu, 05 Aug 2017 20:07 WIB
rusia
142 Pekerja Berhasil Diselamatkan dari Tambang Berlian Rusia
Pekerja tambang selalu dipenuhi ancaman keamanan dalam tambang (Foto: AFP).

Metrotvnews.com, Moskow: Regu penyelamat akhirnya berhasil mengeluarkan 142 orang pekerja tambang yang terjebak, saat tambang mereka dipenuhi air di Rusia.
 
Pada Jumat 4 Agustus pagi, tambang bawah tanah Mir milik produsen kenamaan berlian di Rusia, Alrosa, yang berada di dekat Kota Kecil Mirny di Republik Sakha, kebanjiran sebanyak 300.000 meter kubik air dari tambang kosong yang berdekatan.
 
 
Mulanya dilaporkan bahwa ada 151 orang di tambang itu saat kecelakaan terjadi, tapi belakangan Alrosa mengatakan hanya 142 orang dalam giliran
kerja yang turun, sementara sembilan orang lagi tetap berada di permukaan.
 
Kementerian Penanganan Darurat Rusia, Alrosa dan pemerintah lokal mengatakan dalam pernyataan terpisah menyatakan, telah menggabungkan upaya guna melakukan operasi pertolongan.
 
Mereka mengatakan beberapa tim, termasuk penyelam, dokter dan ahli bedah serta Kepala Alrosa, Sergei Ivanov, Kepala Sakha, Yegor Borisov dan Menteri Keadaan Darurat Puchkov terbang ke Mirny.
 
"Lebih dari 100 orang dan lebih dari 10 unit perlengkapan terlibat dalam operasi di tambang tersebut," kata Kementerian Keadaan Darurat di dalam satu pernyataan, seperti yang dilaporkan Xinhua, seperti dikutip Antara, Sabtu 5 Agustus 2017. 
 
Ditambahkannya, sebanyak 30 petugas pertolongan tambang dan penyelam bawah tanah dengan perlengkapan disiapkan untuk berangkat melalui udara ke Mirny dari Kota Novokuznetsk di Siberia Barat.
 
Tambang bawah tanah Mir, milik Alrosa, dengan kedalaman lebih dari satu kilometer, dioperasikan pada Agustus 2009.



(FJR)