Diduga Rencanakan Aksi Teror, Pria Suriah Ditangkap di Jerman

Arpan Rahman    •    Senin, 10 Oct 2016 16:00 WIB
terorisme
Diduga Rencanakan Aksi Teror, Pria Suriah Ditangkap di Jerman
Pasukan khusus antiteror Jerman dikerahkan untuk memburu Jaber Albakr, Minggu 9 Oktober 2016. (Foto: Hendrik Schmidt/EPA)

Metrotvnews.com, Leipzig: Polisi Jerman menangkap seorang pria yang diduga merencanakan serangan bom. Jaber Albakr ditangkap dalam sebuah penggerebekan di kota Leipzig, Minggu (9/10/2016) malam waktu setempat.  

Seperti dilansir The Guardian, Senin (10/10/2016), polisi menemukan beberapa ratus gram bahan peledak di apartemen tempat persembunyian Albakr. 

Albakr telah tinggal di Jerman sejak tahun lalu dan secara resmi diakui sebagai pengungsi. 

"Gambaran keseluruhan dari penyelidikan, khususnya mengenai jumlah peledak yang ditemukan, menunjukkan bahwa orang ini berencana untuk melakukan serangan terorisme," kata juru bicara kantor jaksa federal.

Kecurigaan bahwa pengungsi itu sedang merencanakan serangan bom akan menjadi kabar yang tidak diinginkan Kanselir Angela Merkel. Belakangan, Merkel telah kehilangan dukungan dari pihak sayap kanan Alternatif untuk Jerman (AFD) atas kebijakan keimigrasian pintu terbuka.

Bulan lalu, Merkel berharap bisa "memutar kembali waktu" agar lebih siap setelah masuknya hampir 1 juta imigran ke Jerman. Namun dia belum mengatakan, apakah akan mengincar jabatan keempat sebagai kanselir dalam pemilu berikutnya tahun depan.

Juli lalu, kelompok militan Islamic State (ISIS) mengaku bertanggung jawab atas serangan di kereta api dekat Wuerzburg dan festival musik di Ansbach yang melukai 20 orang.



(WIL)

BDF IX Berakhir, Demokrasi Masih Hadapi Banyak Tantangan

BDF IX Berakhir, Demokrasi Masih Hadapi Banyak Tantangan

22 hours Ago

Bali Democracy Forum (BDF) IX resmi ditutup. Sejak pertama kali diadakan pada 2008, tingkat keikutsertaan…

BERITA LAINNYA