Sumatera Utara Promosikan Danau Toba Hingga ke Eropa

   •    Minggu, 04 Mar 2018 11:03 WIB
pariwisatapariwisata indonesiaindonesia-hongaria
Sumatera Utara Promosikan Danau Toba Hingga ke Eropa
Gubernur Sumatera Utara Ir. H. T. Erry Nuradi, M.Si dalam sambutan pembukaan paviliun Indonesia di pameran Utazas di Budapest, Hongaria, 1-4 Maret 2018. (Foto: KBRI Budapest)

Budapest: Sumatera Utara tak gentar promosikan Danau Toba di Tanah Eropa ungkap Gubernur Sumatera Utara Ir. H. T. Erry Nuradi, M.Si dalam sambutan pembukaan paviliun Indonesia di pameran Utazas di Budapest, Hongaria, 1-4 Maret 2018. 

Dalam keterangan tertulis kepada Medcom.id, Minggu 4 Maret 2018, T. Erry secara khusus mengajak para pengunjung anjungan Indonesia untuk berkunjung ke Danau Toba, yang terbentuk akibat letusan gunung berapi terbesar di Asia. Ia juga mengajak wisatawan berkunjung ke Pulau Nias yang terkenal dengan wisata laut dan lomba tradisional meloncati batu setinggi hampir 2 meter. 

Dengan jarak yang sangat dekat dari Singapura, dan adanya dua bandara baru (Kualanamu dan Silangit), para turis dengan mudah dapat berkunjung setiap saat ke Provinsi Sumatera Utara. 

Kegiatan promosi Danau Toba ini dilakukan di Utazas 2018 yang merupakan pameran pariwisata terbesar di Hongaria yang rutin diikuti oleh KBRI Budapest dari tahun ke tahun. Pameran yang berlangsung di gedung Hungexpo di Budapest ini diikuti oleh 250 peserta pameran yang terdiri dari sejumlah perusahaan.


Danau Toba. (Foto: MI/ARDI)

Perusahaan-perusahaan itu bergerak di bidang pariwisata, seperti: agen perjalanan, akomodasi, peralatan wisata, perusahaan penerbangan, transportasi, asuransi, spa dan kesehatan, serta paviliun-paviliun yang merupakan perwakilan negara sebagai brandingnya, namun menampilkan berbagai potensi yang dimiliki dan agen perjalanan yang menjual paket-paket wisata.

Partisipasi Indonesia pada Utazas 2018 dimaksudkan untuk mendorong peningkatan kunjungan wisatawan Hongaria ke Indonesia. Angka kunjungan wisatawan ke ke Indonesia dari Hongaria terus meningkat dari tahun ke tahun.

Pada 2015, terdapat 7.896 wisman dari Hongaria ke Indonesia, dan satu tahun setelahnya angka ini meningkat 26,91% menjadi 10.021 wisatawan. Apabila dikaitkan dengan potensi keseluruhan, saat ini Indonesia baru mampu merebut 0,102% dari 9.7 juta penduduk Hongaria. 

Masih terdapat ruang dan kesempatan untuk menarik lebih banyak warga negara Hongaria untuk berkunjung ke Indonesia. 

Pada 2018 ini, anjungan Indonesia menampilkan tujuh tour operator, produk industri dan komoditi beserta sampel yang bisa dinikmati para pengunjung, hiburan berupa tarian nusantara dan pakaian daerah serta dekorasi paviliun yang bertemakan Enchanting Sumatera.



(WIL)