Denmark Bantu Indonesia Optimalkan Upaya Atasi Perubahan Iklim

Sonya Michaella    •    Rabu, 26 Sep 2018 18:17 WIB
denmarkperubahan iklimindonesia-denmark
Denmark Bantu Indonesia Optimalkan Upaya Atasi Perubahan Iklim
Pemanfaatan sumber daya alam Indonesia akan dioptimalkan atasi perubahan iklim. (Foto: Sonya Michaella/Medcom.id).

Jakarta: Untuk mencapai satu dari Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDG) 2030, yaitu mengurangi perubahan iklim, Denmark bekerja sama dengan Indonesia untuk mengimplementasi poin-poin yang ada di Kesepakatan Iklim Paris.
 
Salah satu upaya yang dilakukan adalah mengoptimalkan pemanfaatan sumber daya alam untuk mengurangi dampak kegiatan yang akan semakin memperburuk perubahan iklim.
 
"Denmark telah mendukung Hutan Harapan di Indonesia sejak 2011 silam dengan menyumbangkan sekitar USD12,5 juta. Hutan ini berlokasi di Sumatra. Namun, dengan sangat menyesal, dukungan Denmark akan berakhir pada tahun ini," kata Duta Besar Denmark untuk Indonesia Rasmus Kristensen, di Greenhouse Cowork, Jakarta, Rabu 26 September 2018.
 
"Namun rencana bisnis jangka panjang untuk Hutan Harapan telah dibentuk dari kedua belah pihak. Pemerintah Denmark berharap, negara lain bisa bekerja sama dengan Indonesia untuk melanjutkan proyek ini," lanjut dia.
 
Sumbangan Denmark sendiri telah berhasil mengembalikan sekitar 100 ribu Ha hutan hujan dataran rendah di Pulau Sumatra. Proyek ini juga didukung oleh Burung Indonesia, Birdlife International dan Royal Society for Protection of Birds.
 
"Kami juga mengapresiasi kunjungan Menteri ESDM RI Ignasius Jonan yang mengunjungi Denmark pada Mei 2018 lalu di mana ia melihat proses transisi energi hijau di Denmark yang bertanggungjawab untuk menyeimbangkan sistem daya dengan kekuatan angin," ucap dia.
 
Dubes Kristensen berharap agar Denmark dan Indonesia bisa membentuk kerja sama lebih tinggi lagi terkait penanganan perubahan iklim.
 
Ia menambahkan, COP24 yang akan dilaksanakan di Polandia pada Desember mendatang akan menjadi salah satu wadah sejumlah negara yang hadir untuk memaparkan implementasi Kesepakatan Iklim Paris.


(FJR)