Jumlah Korban Tewas Kebakaran Apartemen London Bisa Bertambah

Ilham wibowo    •    Kamis, 15 Jun 2017 03:19 WIB
kebakaran gedung
Jumlah Korban Tewas Kebakaran Apartemen London Bisa Bertambah
Apartemen Grenfell Tower di London barat, Inggris, terbakar hebat pada Rabu 14 Juni 2017 dini hari. (Foto: Reuters/Toby Melville).

Metrotvnews.com, Jakarta: Enam orang dipastikan tewas dalam kebakaran hebat pada sebuah blok apartemen 27 lantai di London. Jumlah korban diperkirakan masih bertambah mengingat masih banyak orang yang terjebak dan mengalami luka berat.

"Saya bisa memastikan enam korban jiwa saat ini, namun angka ini kemungkinan akan meningkat selama operasi pemulihan yang sulit dalam beberapa hari," kata komandan polisi Stuart Cundy dalam sebuah pernyataan, dikutip AFP, Rabu 14 Juni 2017.

(Baca: 70 Orang Terluka Akibat Kebakaran Apartemen London)

Kepala Brigade Pemadam Kebakaran London, Dany Cotton, mengatakan kebakaran ini merupakan bencana yang  tidak pernah terpikrkan akan terjadi. Api telah membakar semua lantai dari lantai dua sampai puncak Menara Grenfell di Lancaster West Estate, London Barat.

"Ini adalah insiden yang belum pernah terjadi sebelumnya. Dalam 29 tahun saya menjadi pemadam kebakaran, saya tidak pernah melihat hal semacam ini," ujarnya.

Saksi mata mengatakan bahwa mereka telah melihat beberapa orang jatuh atau melompat dari Menara Grenfell yang tertimpa reruntuhan dan setidaknya satu penduduk melambaikan sehelai kain putih dari salah satu lantai atas saat api membakar bangunan tersebut.

(Baca: Kebakaran Hebat Landa Apartemen 27 Lantai di London)

Alarm berbunyi tepat sebelum pukul 01:00 (0000 GMT) dan dalam waktu satu jam, api telah menelan seluruh blok, yang berisi 120 flat. Hampir 10 jam berlalu, nyala api masih bisa terlihat di dalam bangunan hangus saat asap hitam tebal memenuhi langit. Walikota London Sadiq Khan mengatakan petugas pemadam kebakaran hanya bisa mencapai lantai 12 saat puncak kebakaran pada malam hari.

 


(HUS)

Lebih Berbahaya Bepergian ke Eropa Daripada ke Suriah

Lebih Berbahaya Bepergian ke Eropa Daripada ke Suriah

42 minutes Ago

Serangan teror yang semakin meningkat di Benua Eropa beberapa tahun terakhir menjadi kekhawatiran…

BERITA LAINNYA