Dua Jet Tempur Jerman Bantu Pesawat Korea Mendarat Darurat

Willy Haryono    •    Senin, 17 Jul 2017 06:17 WIB
penerbangan dunia
Dua Jet Tempur Jerman Bantu Pesawat Korea Mendarat Darurat
Pesawat jet tempur angkatan udara Jerman. (Foto: DPA)

Metrotvnews.com, Stuttgart: Dua jet tempur Jerman membantu sebuah pesawat komersil maskapai Korean Air mendarat di bandara Stuttgart. 

Pendaratan darurat menjelang tengah malam pada Sabtu kemarin dilakukan setelah pesawat asal Negeri Gingseng itu kehilangan kontak radio dengan menara pengawas. 

"Pesawat itu terbang dari Seoul menuju Zurich, dan di tengah perjalanan kontak, kontak radionya terputus," ujar seorang juru bicara bandara Stuttgart kepada kantor berita DPA, Minggu 16 Juli 2017. 

Penyebab hilangnya kontak radio Korean Air dengan menara pengawas belum diketahui. 

Saat mencoba mengejar pesawat Korean Air, dua jet Bundeswehr menimbulkan suara kencang mirip ledakan atau sonic boom di atas kota Stuttgart.

Setelah mendarat darurat, 200 penumpang terpaksa menginap satu malam di bandara. Jubir bandara Stuttgart mengatakan penerbangan lanjutan tidak memungkinkan pada malam itu, begitu juga dengan akomodasi hotel yang layak. 

Sebelumnya pada Jumat malam, dua jet Bundeswehr juga mendampingi sebuah pesawat komersil asal Mesir di Jerman selatan setelah kehilangan kontak dengan menara pengawas.

Dalam kasus tersebut, pesawat Mesir tidak mendarat darurat, karena pada akhirnya berhasil menghubungi menara pengawas via komunikasi radio.


(WIL)