Uni Eropa Ingin Perluas Kerja Sama dengan ASEAN

Marcheilla Ariesta    •    Kamis, 29 Nov 2018 20:00 WIB
asean-uni eropa
Uni Eropa Ingin Perluas Kerja Sama dengan ASEAN
Menteri Muda Kementerian Eropa dan Luar Negeri Prancis Jean-Baptiste Lemoyne (kiri) (Foto:Medcom.id/Marcheilla)

Jakarta: Uni Eropa ingin memperluas kerja sama dengan ASEAN. Namun, sebelum menuju ke sana, Uni Eropa akan membahasnya terlebih dahulu dengan Indonesia.

"Karena kami tidak begitu mendukung hubungan bilateralisme, yang kami harapkan ke depan ada kerja sama lebih baik dengan ASEAN," kata Menteri Muda Kementerian Eropa dan Luar Negeri Prancis Jean-Baptiste Lemoyne di Institute France-Indonesia (IFI), Jakarta, Kamis 29 November 2018.

"Diharapkan ada kesepakatan komersial perdagangan yang lebih baik dengan Uni Eropa," imbuhnya.

Lemoyne menuturkan, jika harapannya benar terjadi, maka dapat membuka pasar luas dengan ratusan juta konsumen. Dengan demikian, imbuh dia, maka ketegangan antara Tiongkok dan Amerika Serikat tidak akan berpengaruh pada dua kawasan itu.

"Kerja sama Uni Eropa dna ASEAN tidak akan terganggu dengan penguatan dan perluasan kerja sama ini," kata dia.

Meski demikian, pembahasan mengenai perluasan kerja sama dengan ASEAN masih dilakukan antara Indonesia dan Uni Eropa. Dia menuturkan, akan membahas hal ini dengan negara anggota ASEAN lainnya.

Namun, dia masih belum tahu kapan kerja sama ini akan tercapai. Pasalnya, Uni Eropa masih melihat stabilitas ASEAN.

"Nantinya ke depan diharapkan akan berdiskusi dengan ASEAN kalau kawasan ini sudah terintregasi dan dari luar dilihat sebagai blok yang cukup konsisten," pungkasnya.


(WAH)