Kanselir Jerman Akui Kerepotan Atasi Pengungsi

Sonya Michaella    •    Kamis, 22 Sep 2016 14:52 WIB
politik jerman
Kanselir Jerman Akui Kerepotan Atasi Pengungsi
Kanselir Jerman, Angela Merkel (Foto: AFP)

Metrotvnews.com, Berlin: Kanselir Jerman, Angela Merkel mengaku kewalahan menghadapi lonjakan pengungsi dari berbagai negara konflik ke Jerman.

Ia bahkan berharap bisa memutar kembali waktu agar dapat lebih mempersiapkan kebijakan soal pengungsi. 

Pengakuan Merkel ini dilontarkan menyusul kekalahan partainya, Christian Democratic Union (CDU) yang beraliran konservatif selama dua pekan terakhir.

"Untuk beberapa waktu, kami memang tidak punya cukup kendali untuk para pengungsi. Tidak ada yang ingin mengulang situasi pada tahun lalu, termasuk saya," ujar Merkel, seperti dikutip Independent, Kamis (22/9/2016).

Ia juga tak menyebut 'wir shaffen das' yang artinya 'kami akan mengelola' di mana bertujuan mengelola para pengungsi.

Pasalnya, pada tahun lalu, kata-katanya tersebut seakan menjadi kalimat pamungkasnya ketika ditanya bagaimana mengatasi para pengungsi yang masuk ke Jerman.

Beberapa waktu terakhir, Merkel memang mendapat kritik keras dari sejumlah pejabat Jerman dan juga beberapa negara-negara Eropa lainnya karena memutuskan untuk membuka pintu selebar-lebarnya untuk pengungsi.

Pengakuan Merkel kali ini juga dinilai sebagai upaya untuk memperbaiki hubungan dengan partai sempalan CDU, Christian Social Union (CSU), yang telah berulang kali menyuarakan kemarahan soal keputusannya membiarkan masuk sekitar satu juta pengungsi ke Jerman tahun lalu.

Pernyataan Merkel bahwa dirinya kewalahan mengatasi para pengungsi juga diisyaratkan sebagai sinyal yang jelas bahwa Merkel ingin mempertahankan posisinya sebagai kanselir untuk periode keempat kalinya.


(FJR)