Spanyol dan Portugal Berjuang Hadapi Kekeringan Parah

Willy Haryono    •    Selasa, 21 Nov 2017 11:57 WIB
kekeringan
Spanyol dan Portugal Berjuang Hadapi Kekeringan Parah
Area yang dilanda kekeringan di Albanchez de Magina dekat Jaen, Spanyol, 20 November 2017. (Foto: AFP/JORGE GUERRERO)

Madrid: Spanyol dan Portugal berjuang menghadapi kekeringan parah yang membuat sejumlah sungai mengering dan memicu kebakaran hutan serta kerusakan tanaman pangan. Sejumlah pakar mengingatkan kondisi semacam ini akan lebih sering terulang di dua negara tersebut.

Hampir seluruh wilayah Portugal dilanda kekeringan ekstrem sejak enam bulan terakhir. Kondisi semacam ini belum pernah terjadi sejak 2005. 

Mayoritas daerah di Spanyol juga dilanda hal serupa, dengan curah hujan yang sangat minim dari biasanya. 

"Ini adalah situasi yang sangat buruk," kata Jose Ramon Gonzalez, seorang peternak kecil di Galicia, Spanyol, seperti disitat AFP, Senin 20 November 2017. 

Karena rumput hijau sudah semakin sulit ditemukan, Gonzalez terpaksa menghabiskan ribuan euro untuk membeli pakan ternak pada Juli lalu. 

"Ada sungai dan sumber mata air yang mengering, padahal belum pernah seperti itu sejak zaman orangtua dan kakek nenek saya," ungkap Gonzalez. 

Kebakaran Hutan

Sekitar 1,38 juta hektare lahan tanaman gandum, bunga matahari dan pohon zaitun terkena dampak kekeringan di Spanyol pada akhir Oktober, menurut data yang dihimpun agensi Agroseguro. Kerugiannya mencapai lebih dari 200 juta euro sepanjang tahun ini. 

"Situasinya sangat memprihatinkan seperti saat Anda sedang sakit, karena Anda tidak bisa berbuat apapun. Penyakit ini namanya kekeringan," ucap Vicente Ortiz, seorang petani dan peternak di Castilla-La Mancha. 

Ortiz mengatakan panen gandumnya turun drastis hingga 70 persen sejak tahun lalu akibat kekeringan. 

Para petani di Portugal yang berbatasan dengan Spanyol juga mengalami nasib serupa. "Semua tanaman kekurangan air di kawasan ini, mulai dari zaitun hingga gandum dan anggur," sebut Framelinda Carvalho, presiden asosiasi petani di Portalegre di Portugal tengah.

Lahan dan hutan kering memicu kebakaran, yang telah menewaskan 109 orang di Portugal dan lima di Galicia tahun ini.


(WIL)


Obama Sindir Sejumlah Kebijakan Trump

Obama Sindir Sejumlah Kebijakan Trump

8 hours Ago

Sejumlah kebijakan Trump disindir Obama, yaitu kebijakan imigrasi dan mundurnya AS dari Kesepakatan…

BERITA LAINNYA