Jerman Desak Uni Eropa Tangguhkan Ekspor Senjata ke Saudi

Sonya Michaella    •    Minggu, 28 Oct 2018 16:01 WIB
Jamal Khashoggi
Jerman Desak Uni Eropa Tangguhkan Ekspor Senjata ke Saudi
Kanselir Jerman Angela Merkel. (Foto: AFP)

Berlin: Usai menangguhkan ekspor senjata ke Arab Saudi, Jerman meminta Uni Eropa untuk melakukan hal yang sama sebagai bentuk pernyataan sikap atas tewasnya jurnalis Jamal Khashoggi.

"Kami sepakat bahwa ketika kami memiliki lebih banyak kejelasan soal ini, kami akan mencoba menemukan solusi dari semua negara anggota Uni Eropa," kata Kanselir Jerman Angela Merkel, dikutip dari AFP, Minggu 28 Oktober 2018.

Senada dengan Merkel, Menteri Ekonomi Peter Altmaier juga meyakini persetujuan dari seluruh negara Eropa dibutuhkan agar langkah tersebut memberi dampak kepada pemerintah Arab Saudi. 

Baca: Rentetan Waktu Pembunuhan Jamal Khashoggi

Menurut data dari Kementerian Ekonomi, tahun ini Jerman menyetujui penjualan senjata ke Riyadh sebesar 416,4 juta Euro atau setara dengan Rp7,2 triliun.

Nominal tersebut menempatkan Arab Saudi sebagai konsumen senjata Jerman terbesar kedua setelah Aljazair. Namun, hubungan Berlin dan Riyadh sempat renggang saat Berlin mengecam tindakan Riyadh di Lebanon. 

Kasus pembunuhan Khashoggi pun membuat adanya jarak lagi antara Arab Saudi dengan mitra-mitranya di Eropa seperti Inggris dan Prancis, yang mendesak klarifikasi penyebab tewasnya Khashoggi. 



(FJR)