Kardinal Vatikan Tak Terima Dipecat Paus Fransiskus

Sonya Michaella    •    Rabu, 12 Jul 2017 10:15 WIB
vatikan
Kardinal Vatikan Tak Terima Dipecat Paus Fransiskus
Mantan Kardinal Vatikan, Gerhard Muller. (Foto: CNN)

Metrotvnews.com, Vatikan: Pemimpin Takhta Suci Vatikan, Paus Fransiskus, kembali diserang oleh mantan kardinal yang sudah diberhentikan olehnya, pekan lalu.

Karnidal Gerhard Muller tak diperbaharui kontraknya oleh Paus sejak berakhir masa kerjanya pada 30 Juni kemarin.

"Saya tidak bisa menerima perlakuan ini. Sebagai seorang uskup, Paus tidak bisa memperlakukan orang dengan cara seperti ini," ucap Muller, dikutip dari CNN, Rabu 12 Juli 2017.

Muller mengatakan, Paus tak memberikan alasan jelas mengapa kontraknya tak diperpanjang sebagai Kardinal Vatikan. Alasan jelas pun tak diberikan Paus saat memecat tiga anggota Kardinal lainnya, beberapa bulan lalu.

Muller bukan sekedar "karyawan yang tidak puas". Pasalnya, ia telah diangkat menjadi Kardinal tetap Gereja Katolik Vatikan.

"Saya telah mengatakan hal ini sebelumnya, ajaran sosial gereja juga harus diterapkan kepada kardinal di dalam gereja," ungkap Muller.

Sementara itu, para pegawai di Gereja Katolik Vatikan telah lama mengeluhkan bahwa retorika gereja yang tinggi soal keadilan sosial dan hak-hak pekerja tidak selalu dihormati di dalam gereja itu sendiri.

Muller, yang seorang konservatif, juga tak terlalu setuju dengan keputusan Paus Fransiskus yang mulai memberi Komuni Kudus bagi orang-orang Katolik yang bercerai kemudian menikah kembali.

Isu ini sempat menyeruak di kaum liberal dan konservatif Gereja Katolik Vatikan dan menyebabkan pro kontra di dalamnya.



(FJR)