Pengacara Ternama Serbia Tewas Ditembak

Arpan Rahman    •    Minggu, 29 Jul 2018 16:02 WIB
serbia
Pengacara Ternama Serbia Tewas Ditembak
Dragoslav Ognjanovic. (Foto: AFP/Getty)

Belgrade: Seorang pengacara ternama yang membantu membela mantan Presiden Serbia Slobodan Milosevic tewas ditembak.

Dragoslav Ognjanovic, 57, ditemukan tewas di luar apartemennya di Belgrade, Sabtu 28 Juli 2018 malam waktu setempat. Anak korban yang berusia 26 tahun juga terluka dalam penembakan.

Ognjanovic menjadi bagian dari tim hukum Milosevic selama persidangan di Den Haag pada awal 2000-an.

Milosevic ditangkap pada 2001 dan dihadapkan pada pengadilan internasional atas tuduhan genosida dan kejahatan perang lainnya. Namun ia ditemukan tewas di penjara pada 2006 sebelum proses persidangannya selesai.

Mantan presiden itu menghadapi tiga dakwaan terkait tuduhan kejahatan perang di Kosovo, Kroasia dan Bosnia antara 1992 dan 1995.

Dalam sebuah pernyataan resmi, Kepala Asosiasi Pengacara Serbia di Belgrade, Viktor Gostiljac, mengatakan penembakan terhadap Ognjanovic adalah serangan terhadap semua kuasa hukum.

"(Kami akan) terus mendorong otoritas terkait untuk mencari pelaku kejahatan ini," ujar Gostiljac, seperti dikutip dari BBC.

Selain membela Milosevic, Ognjanovic juga dikenal sebagai pengacara dalam beberapa kasus mafia di Serbia dan Montenegro.

Sejumlah anggota jaringan kejahatan Serbia dan Montenegro tewas dibunuh di Belgrade dalam beberapa tahun terakhir. Kepolisian Serbia menyebut serangkaian pembunuhan itu adalah bagian dari perang antar geng narkotika.


(WIL)