Antisipasi Rusia, Inggris akan Kirim 800 Tentara ke Arktika

Arpan Rahman    •    Minggu, 30 Sep 2018 19:08 WIB
kerajaan inggrisrusia
Antisipasi Rusia, Inggris akan Kirim 800 Tentara ke Arktika
Pasukan Inggris berbaris dalam formasi. (Foto: Dan Kitwood/AFP/Getty Images)

London: Kerajaan Inggris mengirim 800 tentara ke Arktika sebagai respons atas semakin meningkatnya aktivitas militer Rusia di wilayah tersebut. Pernyataan disampaikan Menteri Pertahanan Inggris Gavin Williamson.

Berbicara kepada surat kabar Sunday Telegraph, Williamson menyebut 800 prajurit itu akan dikirim ke Norwegia tahun depan. Pangkalan militer baru Inggris juga akan dibuka di bagian utara negara tersebut.

Dia melabeli pengiriman tentara dan pembukaan markas militer ini sebagai "Strategi Pertahanan Arktika."

Rusia baru-baru ini membuka kembali beberapa pangkalan militer era Soviet serta meningkatkan aktivitas kapal selam di sekitar Arktika.

Williamson menegaskan Inggris perlu membuktikan kehadiran militer di wilayah tersebut "melindungi kepentingan kerajaan."

"Kami melihat aktivitas kapal selam Rusia mendekati level era Perang Dingin, dan kami mulai menanggapi hal itu," cetus dia, seperti dikabarkan Sunday Telegraph, Minggu 30 September 2018.

Sebanyak 800 komando Angkatan Laut dan Angkatan Darat Kerajaan Inggris akan dikirim ke Norwegia pada setiap musim dingin untuk sepuluh tahun ke depan.

Mereka akan beroperasi bersama pasukan dari Amerika Serikat, Belanda, dan Norwegia.

Berkisar 3.000 tentara juga akan dikerahkan sebagai bagian dari latihan gabungan NATO. Jumlah total prajurit yang akan turut serta dalam latihan gabungan itu mencapai 40.000.

Baca: NATO Siapkan Pangkalan bagi Pasukan di Perbatasan Rusia


(WIL)