Inggris Rayakan Ulang Tahun ke-91 Ratu Elizabeth II

Willy Haryono    •    Jumat, 21 Apr 2017 23:07 WIB
kerajaan inggris
Inggris Rayakan Ulang Tahun ke-91 Ratu Elizabeth II
Ratu Elizabeth II menyerahkan tugas kerajaan ke sejumlah anggota keluarga, termasuk Pangeran William dan Harry. (Foto: AFP)

Metrotvnews.com, London: Suara dari hormat senjata menggema di seluruh London pusat dalam perayaan ulang tahun ke-91 Ratu Elizabeth II, Jumat 21 April 2017. 

Untuk menandai perayaan, kantor berita BBC memulai berita pagi dengan alunan lagu nasional Inggris, "God Save the Queen." 

"Hip hip hooray untuk Ratu," tulis Menteri Luar Negeri Boris Johnson di Twitter, dengan menambahkan "selamat ulang tahun, bu!" 

Ulang tahun kali ini tidak terlalu dirayakan setelah perayaan meriah saat Ratu Elizabeth II menginjak usia 90. 

Ribuan lampu suar dinyalakan di seantero Inggris pada 21 April 2016. Terdapat pula pesta di berbagai ruas jalan dan sebuah kontes khusus di Istana Windsor. 

"Saya masih hidup," ucap Ratu Elizabeth II dalam nuansa bercanda, saat berkunjung ke Irlandia Utara pada Juni 2016.

Monarki terlama di dunia itu mulai menyerahkan tugas-tugas kerajaan ke anggota keluarga lainnya, untuk memberikan kesempatan kepada generasi yang lebih muda. 

Meski anak tertuanya, Pangeran Charles, adalah pewaris tahta berikutnya, perhatian masyarakat Inggris dan dunia lebih tertuju kepada Pangeran William dan Harry, yang juga telah melakukan beberapa tugas kerajaan. 

Pangeran Harry mendapat pujian global pekan ini setelah berbicara blak-blakan mengenai kondisi kesehatan mentalnya setelah sang ibu, Putri Diana, meninggal dunia. 



(WIL)