Menteri Susi Masuk dalam Daftar 100 Perempuan Inspirasional BBC

Fajar Nugraha    •    Kamis, 28 Sep 2017 17:21 WIB
susi pudjiastuti
Menteri Susi Masuk dalam Daftar 100 Perempuan Inspirasional BBC
Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti masuk dalam daftar 100 Perempuan Inspirasional dan Inovatif 2017 versi BBC (Foto: ANTARA).

Metrotvnews.com, London: Menteri-menteri perempuan di jajaran kabinet kerja Presiden Joko Widodo kian melebarkan sayap di dunia internasional.
 
Setelah sebelumnya Menteri Luar Negeri Retno L.P Marsudi meraih penghargaan 'Agen Perubahan' dari UN Women dan Global Partnership Forum (GPF), kini Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti masuk dalam daftar 100 Perempuan Inspirasional dan Inovatif 2017 versi BBC.
 
Seperti disitat dari Situs BBC, Kamis 28 September 2017, perempuan yang masuk dalam daftar ini akan menyumbangkan pikiran mereka untuk mengatasi masalah besar yang dihadapi perempuan dunia saat ini. Mereka akan berbagi pengalaman dan menciptakan cara inovasi untuk mengatasi empat masalah yang diberikan.
 
Empat isu tersebut antara lain: Rintangan tak terlihat yang mempersulit perempuan untuk bersinar, mengatasi jumlah perempuan yang tidak bisa membaca dan menulis, kemudian pelecehan yang terjadi di masyarakat dan sikap seksisme dalam olah raga.
 
Sebagai perempuan yang dikenal sebelumnya sebagai pengusaha sukses, Menteri Susi terkenal dengan sikap kerasnya melawan pencurian ikan yang dilakukan kapal asing di wilayah Indonesia. Perempuan berusia 52 tahun itu juga dikenal sebagai sosok yang berperan penting dalam menjaga kesehatan laut dan praktik pengelolaan sumber daya kelautan dan perikanan.
 
Mengenai peran perempuan, Menteri Susi memiliki pemikiran sendiri. "Perempuan harus menghapus rintangan dari pikirannya sendiri. Laki-laki dan perempuan setara, bertindaklah seperti itu. Jika perempuan masih sibuk berbicara mengenai perbedaan gender, mereka tidak akan pernah bisa maju," tutur Susi, di situs BBC.
 
"The BBC 100 Women" digelar pertama kali pada 2013 sebagai rangkasan acara tahunan yang berfokus kepada perempuan yang memberikan inspirasi.
 
Daftar tersebut didukung oleh pemberitaan, artikel, investigasi, dan wawancara yang menyoroti karya dan pekerjaan yang dilakukan oleh para perempuan inspirasional tersebut.
 
Perempuan lainnya yang termasuk dalam daftar "The BBC 100 Women" tahun ini antara lain adalah Presiden Chile Michelle Bachelet, dan Presiden Liberia Ellen Johnson Sirleaf.
 
Pada tahun 2016 lalu, Warga Negara Indonesia yang masuk dalam daftar "The BBC 100 Women" tahun kemarin adalah Kartika Jahja, yang merupakan penyanyi dan pencipta lagu dari band Tika and The Dissidents, yang juga aktif sebagai pegiat isu gender. 



(FJR)