Lintasi Selat Inggris, 16 Terduga Imigran Ditangkap

Arpan Rahman    •    Senin, 21 Jan 2019 16:37 WIB
imigran gelapinggrisprancis
Lintasi Selat Inggris, 16 Terduga Imigran Ditangkap
Tiga terduga imigran berusaha menyeberangi Selat Inggris dari Prancis menuju Inggris pada 4 Agustus 2018. (Foto: AFP/STR)

London: Enam belas terduga imigran dalam tiga perahu berbeda ditangkap otoritas Inggris setelah mereka melintasi Selat Inggris pada Minggu 20 Januari 2019. Penangkapan ini meningkatkan kekhawatiran bahwa akan ada lebih banyak orang yang berusaha mencapai Britania Raya via Selat Inggris.

Seperti dinukil dari laman Telegraph, dua dari tiga perahu kecil itu mendarat di pesisir Kent. Total delapan pria di dua kapal tersebut mengenalkan diri mereka sebagai warga Iran atau Irak.

Perahu ketiga, mengangkut delapan pria, dicegat petugas perbatasan Border Force saat berlayar menuju Dover. Perahu itu dikawal CPV Speedwell ke wilayah pelabuhan.

Semua terduga imigran itu mendapat perawatan medis usai ditahan, dan mereka kemudian dipindahkan ke otoritas keimigrasian untuk diwawancara.

Menteri Dalam Negeri Inggris Sajid Javid sebelumnya telah memerintahkan Border Force untuk dikerahkan ke Selat Inggris pada Malam Tahun Baru. Hal ini merupakan antisipasi ramainya lalu lintas di perairan tersebut pada awal 2019.

Kapal Angkatan Laut Inggris HMS Mersey juga dikerahkan ke Selat Inggris untuk membantu Border Force dan Agensi Maritim serta Penjaga Pantai. Peningkatan pengamanan ini merupakan bagian dari tekad pemerintah untuk mengamankan perbatasan dan mencegah kematian terduga imigran.

Otoritas Prancis juga telah mengirim kapal bernama Le Pluvier untuk membantu Inggris. Selat Inggris adalah wilayah perairan yang memisahkan Inggris selatan dengan Prancis utara.

Terlepas dari penjagaan ekstra dua negara, muncul pertanyaan mengenai kinerja petugas perbatasan. Bagaimana bisa sejumlah perahu kecil dapat melintasi Selat Inggris tanpa terdeteksi.

Terdapat kekhawatiran akan ada lebih banyak terduga imigran yang mencoba melintasi Selat Inggris pekan ini karena cuaca dinilai cukup mendukung.

"Tadi malam bulan purnama, dan airnya relatif tenang. Saat itu adalah malam ideal untuk siapapun yang ingin mencoba (melintasi Selat Inggris)," ucap seorang saksi mata yang mengenai mengenai penangkapan 16 terduga imigran.

"Malam ini juga sepertinya air masih tenang. Saya tidak akan terkejut jika akan ada lebih banyak orang yang menyeberang malam ini atau besok pagi," lanjut dia.


(WIL)