Mantan Ketua Parlemen Catalonia Muncul di Mahkamah Agung Spanyol

Arpan Rahman    •    Kamis, 09 Nov 2017 19:34 WIB
referendum catalonia
Mantan Ketua Parlemen Catalonia Muncul di Mahkamah Agung Spanyol
Mantan Ketua parlemen Catalonia yang dipecat Carme Forcadell (Foto: AFP).

Madrid: Mantan Ketua parlemen Catalonia yang dipecat Carme Forcadell muncul, Kamis 9 November, di Mahkamah Agung Spanyol atas perannya dalam upaya kemerdekaan kontroversial di kawasan ini.

Seorang hakim bisa memutuskan untuk menahan Forcadell dan lima mantan anggota parlemen atas tuduhan penghasutan, pemberontakan, dan penyalahgunaan dana publik. Dakwaan dilayangkan setelah para anggota parlemen Catalonia memilih untuk berpisah dari Spanyol, bulan lalu.

"Mereka dicurigai sudah mengikuti strategi terpadu demi menyatakan kemerdekaan, sebelum pernyataan resmi parlemen Catalonia pada 27 Oktober. Aksi itu memperdalam krisis politik Spanyol yang paling serius dalam beberapa dasawarsa," sebut hakim itu, seperti dikutip AFP, Kamis 9 November 2017.

Deklarasi itu dibatalkan Rabu oleh Mahkamah Konstitusi Spanyol. Mahkamah Agung dapat memutuskan buat menempatkan Forcadell dan mantan anggota parlemen dalam penahanan pra-sidang, bergabung dengan beberapa pemimpin Catalan yang mengadakan referendum kemerdekaan bulan lalu.

Di luar pengadilan Kamis sekelompok kecil pemrotes berkumpul, memegang spanduk melawan kemerdekaan dan mengumumkan pemogokan umum Rabu di Catalonia sebagai "kegagalan total".

Seorang hakim di Madrid, pekan lalu, memerintahkan delapan politisi separatis agar diamankan dalam tahanan karena upaya pemisahan diri mereka.

Catalonia, wilayah dihuni 7,5 juta jiwa yang menyumbang seperlima dari PDB Spanyol, terbelah mengenai soal kemerdekaan ini.


(FJR)