Sekjen NATO Waspadai Rusia yang Semakin Agresif

Willy Haryono    •    Minggu, 18 Mar 2018 19:14 WIB
natorusia
Sekjen NATO Waspadai Rusia yang Semakin Agresif
Sekjen NATO Jens Stoltenberg. (Foto: AFP)

Brussels: Pakta Pertahanan Atlantik Utara atau NATO harus meningkatkan kemampuan pertahanan dan kesediaan bergerak cepat di tengah ancaman aksi agresif dan tak terduga dari Rusia. Pernyataan tersebut disampaikan Sekretaris Jenderal NATO Jens Stoltenberg, yang dimuat dalam sebuah surat kabar Jerman pada Minggu 18 Maret 2018.

Stoltenberg berharap Kanselir Jerman Angela Merkel dan para petinggi NATO lainnya memperbarui pendekatan mereka terhadap beragam isu dalam konferensi tingkat tinggi pada musim panas mendatang. 

Ia khawatir jika tidak bersiap, maka NATO akan kewalahan menghadapi kemampuan militer Rusia yang dinilainya semakin berkembang. 

"Saya rasa Kanselir Merkel dan para koleganya harus menghadapi sejumlah keputusan baru di KTT NATO pada Juli mendatang di Brussels. Kita harus waspada dan tegas," ungkap Stoltenberg, seperti dilansir Guardian

Pekan lalu, NATO menuduh Rusia mencoba menggoyang stabilitas dunia Barat dengan senjata nuklir baru, serangan siber dan aksi spionase, termasuk meracuni eks mata-mata Sergei Skripal dan putrinya di kota Salisbury, Inggris. 

"Mengambil contoh dari Salisbury, Rusia sudah semakin tidak terduga dan lebih agresif," ucap Stoltenberg. 

Rusia membantah terlibat dalam serangan terhadap Skripal, dan balik menuduh justru NATO yang merupakan ancaman bagi perdamaian di Eropa. 

"Kami selalu siap merespons saat ada sekutu yang diserang secara militer. Kami tidak menginginkan perang. Tujuan kami adalah penurunan ketegangan," tegas Stoltenberg.


(WIL)


Solusi Damai AS Akan Buat Kesal Palestina dan Israel

Solusi Damai AS Akan Buat Kesal Palestina dan Israel

3 hours Ago

Duta Besar AS untuk PBB Nikki Haley, mendesak Dewan Keamanan PBB untuk mendukung proposal Gedung…

BERITA LAINNYA