Keempat Kali Angela Markel Maju Jadi Kanselir Jerman

Nur Azizah    •    Senin, 21 Nov 2016 07:02 WIB
Keempat Kali Angela Markel Maju Jadi Kanselir Jerman
Kanselir Jerman Angela Markel. (AFP)

Metrotvnews.com, Berlin: Angela Markel kembali mencalonkan diri sebagai Kanselir Jerman dalam Pemilu tahun depan. Ini berarti Markel akan kembali bertarung untuk ke empat kalinya.

Markel menuturkan, keputusannya untuk mencalonkan diri pada priode keempat telah ia pikirkan sejak lama. Hal itu ia sampaikan dalam konferensi pers usai bertemu anggota senior Partai Kristen Demokrat (CDU), Minggu waktu setempat. 

"Keputusan untuk mencalonkan diri setelah 11 tahun menjabat bukan masalah sepele. Saya sadar akan keputusan ini,” kata Merkel dikutip dari Reuters, Senin (21/11/2016).

Keputusan Merkel untuk kembali mencalonkan diri diperkirakan akan disambut positif oleh banyak pihak. Sebab, Merkel dianggap mampu menjaga kestabilan Eropa, terlebih setelah Inggris meninggalkan Uni Eropa. 

Sebuah jajak pendapat, Emnid menunjukkan sekitar 55 persen dari Jerman menginginkan Merkel. Merkel telah mengarahkan perekonomian terbesar di Eropa melalui krisis utan dan zona Euro.

Ia juga telah memenangkan penghargaan internasional karena membantu menyelesaikan konflik di Ukraina. Presiden AS Barack Obama menganggap Markel sebagai sekutu yang luar biasa. 

Merkel dianggap sebagai benteng nilai-nilai liberal Barat apalagi setelah Trump menang di Amerika Serikat dan kenaikan dukungan bagi partai-partai sayap kanan di beberapa negara Eropa. 

"Angela Merkel adalah jawaban untuk populisme waktu ini. Karena itu dia anti-Trump," kata Perdana Menteri Negara Bagian Saxony.
(SCI)