Paus Fransiskus Doakan Korban Ledakan di Surabaya

Willy Haryono    •    Minggu, 13 May 2018 19:46 WIB
Teror Bom di Surabaya
Paus Fransiskus Doakan Korban Ledakan di Surabaya
Paus Fransiskus dalam acara doa Regina Coeli di Lapangan Santo Petrus, Vatikan, 13 Mei 2018. (Foto: AFP/FILIPPO MONTEFORTE)

Vatikan: Menjelang akhir doa Angelus di Lapangan Santo Petrus, Vatikan, Minggu 13 Mei 2018, Paus Fransiskus berdoa untuk korban ledakan bom di tiga gereja di Surabaya, Jawa Timur. 

Paus menyebut bahwa "masyarakat Indonesia terkasih," terutama umat Kristiani di kota Surabaya, terasa "sangat dekat" dengan dirinya menyusul aksi teror di tiga gereja. 

"Bersama-sama, mari kita memohon kepada Tuhan untuk diakhirinya aksi kekerasan ini. Mari kita doakan agar hati semua orang diisi bukan dengan kebencian dan kekerasan, tapi rekonsiliasi dan persaudaraan," ujar Fransiskus, seperti dikutip Vaticannews.va

Serangan bom terjadi di Gereja Kristen Indonesia di Jalan Diponegoro, Gereja Santa Maria Tak Bercela di Jalan Ngagel Madya, dan Gereja Pentakosta Pusat Surabaya (GPPS) di Jalan Arjuna.

Sejauh ini, serangan menewaskan sebelas orang dan melukai 41 lainnya. Para pelaku berasal dari satu keluarga yang baru pulang dari Suriah. 

Menurut keterangan dari grup pemantau aktivitas terorisme, SITE, kelompok militan Islamic State (ISIS) mengklaim aksi teror di Surabaya via situs propaganda berbahasa Arab, Amaq.

Sebelumnya, ISIS juga mengklaim kerusuhan di Mako Brimob yang membuat lima anggota kepolisian gugur.

Baca: ISIS Klaim Ledakan di Tiga Gereja Surabaya

 


(WIL)