Inggris Berbelasungkawa atas Gempa dan Tsunami di Indonesia

Willy Haryono    •    Sabtu, 29 Sep 2018 18:04 WIB
Gempa Donggala
Inggris Berbelasungkawa atas Gempa dan Tsunami di Indonesia
Warga berusaha menyelamatkan barang berharga dari rumah mereka yang hancur diterjang tsunami di Palu, 29 September 2018. (Foto: AFP/MUHAMMAD RIFKI)

London: Pemimpin Partai Buruh Inggris Jeremy Corbyn menyampaikan ucapan duka atas musibah gempa bumi dan gelombang tsunami yang melanda Palu serta Donggala.

Sejauh ini, korban tewas akibat gempa serta tsunami tersebut mencapai 384 orang dengan 500 lebih lainnya mengalami luka-luka.

"Memilukan saat melihat laporan tsunami yang melanda kota Palu di Indonesia serta mendengar banyaknya korban jiwa. Saya turut berbelasungkawa kepada keluarga korban dan mendoakan yang terbaik kepada semua petugas penyelamat," tulis Corbyn di akun Twitter.

Ucapan duka juga disampaikan Menteri Muda Inggris untuk Urusan Asia dan Pasifik Mark Field.

"Duka cita mendalam saya sampaikan kepada mereka yang terdampak tsunami serta gempa bumi di Indonesia," ungkap Field.

Departemen Pengembangan International (DFID) asal Inggris turut menyampaikan ucapan duka cita. "Kami berbelasungkawa kepada mereka semua yang terkena dampak gempa dan tsunami di Indonesia, yang telah menewaskan ratusan orang dan membuat banyak lainnya kehilangan tempat tinggal," tulis DFID di Twitter.

"Kami terus memantau situasi di Indonesia dan menegaskan bahwa Inggris siap membantu," lanjutnya.

Sebelumnya di sela-sela Sidang Majelis Umum PBB, Menlu Retno menyebut bahwa Sekjen PBB dan hampir semua negara anggota turut berduka cita atas musibah di Palu dan Donggala.

Menlu Retno mengatakan dirinya telah mengucapkan terima kasih kepada semua yang bersimpati kepada Indonesia.

Baca: PBB Berduka atas Gempa dan Tsunami di Indonesia

Presiden Joko Widodo telah menginstruksikan semua pihak terkait untuk turun tangan menangani musibah di Palu dan Donggala. 

Sementara Wakil Presiden Jusuf Kalla menjamin akan menyalurkan bantuan yang diperlukan kepada semua korban.


(WIL)