Memperluas Promosi Budaya Indonesia di Negeri Beruang Merah

   •    Rabu, 12 Oct 2016 15:23 WIB
indonesia-rusia
Memperluas Promosi Budaya Indonesia di Negeri Beruang Merah
Suasana di Kota Kazan (Foto: Wanda Umagapi)

Metrotvnews.com, Moskow: Melihat antusiasme masyarakat Rusia terhadap budaya Indonesia, dalam gelaran Wonderful Indonesia Moskow, Rusia, mahasiswa Indonesia pun merencanakan acara serupa di Kota Kazan. 
 
Perhimpunan Mahasiswa Indonesia di Rusia (PERMIRA) mengadakan festival 'Wonderful Indonesia'. Festival yang akan digelar di kota Kazan, Republik Tatarstan, ini mengusung tema ‘Taste of Indonesia’. 
 
Kegiatan ini diselenggarakan setelah melihat antusiasme masyarakat Rusia terhadap budaya Indonesia dengan suksesnya Wonderful Indonesia Agustus lalu yang diselenggarakan oleh Kedutaan Besar Republik Indonesia di Hermitage Garden Moscow. Permira bekerjasama dengan Kementrian Pariwisata dan didukung oleh Kedutaan Besar Republik Indonesia di Rusia menyelenggarakan Wonderful Indonesia di Kazan. 
 
"Acara digelar dengan tujuan kebudayaan Indonesia bisa dipromosikan di semua wilayah Rusia," ujar perwakilan Permira, Wanda Umagapi, dalam keterangan tertulis yang diterima Metrotvnews.com, Rabu (12/10/2016).
 
Kazan adalah kota terbesar di republik Tatarstan dengan populasi sekitar satu juta orang dan Kazan Kremlin merupakan situs warisan dunia. Dikenal sebagai kota yang  indah, sebagian besar warga Kazan beragama Islam dan menjunjung tinggi toleransi terhadap sesama.
 
Festival ini akan diadakan pada Jumat, 14 Oktober 2016, mulai pukul 13.00 hingga 17.30 waktu setempat. Acara akan diadakan di Gedung 4, Institut Manajemen, Ekonomi, dan Keuangan, Kazan, Republik Tatarstan, Rusia.
 
Menurut pihak Permira, acara ini tak dipungut biaya dan terbuka untuk umum. Duta Besar Indonesia untuk Rusia Wahid Supriyadi, beserta jajaran staf KBRI, perwakilan pemerintahan Tatarstan, serta rektor dan dosen-dosen universitas setempat, dijadwalkan akan menghadiri festival ini.
 
Sedangkan kegiatannya sendiri menyajikan rangkaian acara yang terdiri dari pameran, pagelaran seni, serta menampilkan kuliner khas Indonesia.Tentunya akan menunjukkan keragaman budaya dan kearifan lokal alam Indonesia. Selain pagelaran juga terdapat gerai-gerai yang secara keseluruhan berhubungan dengan kuliner. Adapun acara yang disuguhkan antara lain:
 
Pameran foto
 
Kegiatan ini akan memamerkan karya-karya fotografer dari dan berkaitan dengan Indonesia. Pameran ini akan menunjukkan keragaman budaya, keelokan, dan keasrian alam Indonesiamelalui beberapa foto. Karya-karya terbaik yang dipilih akan ditampilkan di outdoor venue, sekaligus sebagai daya tarik visual pengunjung dari beberapa hari sebelumnya, agar dapat hadir dan bergabung dalam acara utama Gerai Kuliner (Culinary Booth). Dalam kesempatan ini panggung sepenuhnya diberikan untuk kuliner Indonesia dengan menampilkannya dalam beberapa gerai yang akan diisi oleh hidangan-hidangan berbeda dan tentunya halal.
 
Pemutaran video
 
Dalam sesi ini, beberapa video pendek tentang keindahan Indonesia kan diputas. Video tersebut bertujuan untuk mengenalkan kepada pengunjung tentang keanekaragaman budaya dan keelokan alam khas Tanah Air. "Dengan harapan dapat memberikan pengetahuan kepada pengunjung serta untuk menarik wisatawan Rusia untuk berkunjung ke Indonesia," tutur Wanda.
 
Pagelaran seni musik dan tari
 
Selain pameran dan gerai, pagelaran seni musik dan tari juga tidak ketinggalan disuguhkan. Pagelaran seni tersebut akan ditampilkan oleh mahasiswa-mahasiswa Indonesia di Rusia.
 
Photo booth
 
Kami akan menyediakan photo booth dengan baju adat khas Indonesia untuk para pengunjungdengan tujuan memperkenalkan keragaman budaya Indonesia. 
 
Itulah kegiatan-kegiatan yang akan di selenggarakan di Wonderful Indonesia dan diharapkan acara akan berlangsung dengan sukses tanpa ada kendala-kendala tertentu. Tentunya misi untuk bisa mempromosikan budaya dan kuliner Indonesia berhasil serta diterima masyarakat Rusia.


Penulis adalah mahasiswa Indonesia yang tengah kuliah di Rusia, Wanda Umagapi.
 

(FJR)

Hasil Referendum Italia dan Hubungannya dengan Uni Eropa

Hasil Referendum Italia dan Hubungannya dengan Uni Eropa

1 day Ago

Perdana Menteri Italia Metteo Renzi mundur dari jabatannya setelah gagal menang dalam referendum…

BERITA LAINNYA