PM Belgia Sebut Tak Terpengaruh Krisis Catalonia

Arpan Rahman    •    Rabu, 08 Nov 2017 20:28 WIB
belgiareferendum catalonia
PM Belgia Sebut Tak Terpengaruh Krisis Catalonia
Perdana Menteri Belgia Charles Michel (Foto: AFP).

Metrotvnews.com, Brussels: Perdana Menteri Belgia Charles Michel menolak mengatakan 'krisis' terjadi di pemerintahannya usai pemimpin Catalonia Carles Puigdemont, digulingkan.
 
 
"Ada krisis politik di Spanyol, bukan di Belgia," ujarnya Michel kepada parlemen Belgia, usai anggota separatis Flemish, mengatakan mendukung Puigdemont, seperti dilaporkan dari laman AFP, Rabu, 8 November 2017.
 
Kehadiran Puigdemont di Belgia menurutnya menjadi masalah bagi pengadilan, bukan pemerintah.
 
"Saya akan melihat untuk memastikan tidak ada campur tangan dalam independensi pengadilan," tambahnya.
 
Hakim Belgia sedang mengkaji surat perintah penangkapan Eropa yang diajukan Spanyol atas tuduhan penghasutan dan pemberontakan. Lima orang melarikan diri ke Belgia usai Spanyol menggulingkan eksekutif Catalonia dan memberlakukan peraturan langsung di wilayah semi otonom, menyusul deklarasi kemerdekaan oleh parlemen di sana bulan lalu.
 
Kelompok ini menyerah pada Minggu kemarin ke pengadilan belgia yang membebaskan mereka dengan syarat, mereka tidak meninggalkan Belgia sebelum hakim memutuskan untuk mengekstradisi mereka.
 
Mereka selanjutnya akan hadir di Pengadilan Brussels pada 17 November mendatang. Kasus ini menyebabkan ketegangan antara Brussels dan Madrid, dan juga di dalam pemerintahan Belgia.



(FJR)