AS, Jepang, dan Korsel Kecam Korut di KTT G20

Willy Haryono    •    Jumat, 07 Jul 2017 22:44 WIB
ktt g20
AS, Jepang, dan Korsel Kecam Korut di KTT G20
Presiden AS Donald Trump, Presiden Korsel Moon Jae-in dan PM Jepang Shinzo Abe menjelang KTT G20 di Hamburg, Jerman, 6 Juli 2017. (Foto: Reuters/Carlos Barria)

Metrotvnews.com, Hamburg: Amerika Serikat, Jepang dan Korea Selatan bersama-sama mengecam Korea Utara atas uji coba peluncuran misil balistik antarbenua (ICBM) pekan ini. 

Kecaman dilayangkan pemimpin ketiga negara dalam Konferensi Tingkat Tinggi G20 di Hamburg, Jerman, Jumat 7 Juli 2017.

Presiden AS Donald Trump, Presiden Korea Selatan Moon Jae-in dan Perdana Menteri Jepang bertekad melancarkan "tekanan maksimal" untuk meredam ancaman misil dan nuklir Korut. 

"Para pemimpin memutuskan mendorong adopsi lebih dini atas resolusi terbaru PBB dengan tambahan sanksi untuk menunjukkan kepada (Korut) bahwa ada konsekuensi serius atas upaya menggoyang stabilitas, provokasi dan aksi meningkatkan ketegangan," ucap ketiga negara dalam pernyataan gabungan, seperti dikutip Reuters

Mengambil langkah besar dalam program misilnya, Korut pada Selasa kemarin meluncurkan ICBM yang diyakini sejumlah pakar dalam mencapai Alaska dan Hawaii, dua negara bagian di AS. 

Washington telah mengindikasikan siap menggunakan kekuatan militer jika diperlukan untuk menghentikan program nuklir Korut. Namun AS juga menekankan pentingnya mengedepankan jalur diplomatik. 

Duta Besar AS untuk PBB Nikki Haley mengatakan pada Rabu kemarin dirinya akan mengusulkan serangkaian sanksi baru terhadap Korut. Para diplomat Dewan Keamanan PBB mengaku belum mendapatkan kerangka resolusi dari AS. 

Setelah Korut melakukan uji coba nuklir pada September tahun lalu, DK PBB membutuhkan waktu hingga tiga bulan untuk menyepakati penguatan serangkaian sanksi terhadap Pyongyang. 

 


(WIL)