Pasca Temukan Benda Diduga Bom, Norwegia Pasang Status Siaga

Sonya Michaella    •    Senin, 10 Apr 2017 10:56 WIB
norwegia
Pasca Temukan Benda Diduga Bom, Norwegia Pasang Status Siaga
Norwegia pasang status siaga usai temukan benda menyerupai bom. (Foto: AFP)

Metrotvnews.com, Oslo: Setelah ditemukannya benda diduga bom di Oslo, kini Norwegia menetapkan status siaga ke seluruh penjuru kota. Hal ini dilakukan juga setelah teror truk menabrak kerumunan pejalanan kaki di Stockholm, Swedia, pekan lalu.

"Selama dua bulan, Norwegia akan berstatus siaga, terutama tempat publik," kata Kepala Dinas Keamanan Polisi Norwegia, Benedicte Bjoernland, seperti dikutip Reuters, Senin 10 April 2017.

Terkait peristiwa ini, seorang remaja berusia 17 tahun ditangkap dan ternyata ia berkewarganegaraan Rusia yang mencari suaka di Norwegia.

Ia berada di Oslo sejak 2010 silam. Ketika diperiksa, ia membantah telah meletakkan benda tersebut. Namun, hingga kini masih belum jelas apa remaja ini bertindak sendiri atau ada hubungan dengan kelompok militan.

"Tapi kemungkinan bahwa serangan di Eropa sebagian besar memiliki efek yang buruk juga ke Norwegia di mana bisa menimbulkan serangan di sini," ucapnya lagi.

Menurut identifikasi, petugas penjinak bom mengatakan benda tersebut hanya menimbulkan kerusakan namun bisa meledak dengan kencang.

Groenland di Oslo adalah sebuah area multi-etnis yang merupakan tempat berdirinya banyak bar, restoran dan masjid. Groenland juga adalah lokasi berdirinya markas kepolisian pusat di Oslo, kurang dari satu kilometer dari tempat ditemukannya benda diduga bom.

Pada 2011 silam, ekstremis sayap kanan Anders Behring Breivik meledakkan bom mobil di Oslo yang menewaskan delapan orang dan menghancurkan kantor pemerintahan Norwegia.

Sebelumnya, sempat terjadi penembakan massal yang menewaskan 69 orang di dekat Pulau Utoeya.
(WIL)