'Spider-Man' Paris Direkrut Jadi Petugas Pemadam Kebakaran

Willy Haryono    •    Rabu, 30 May 2018 07:36 WIB
prancis
'Spider-Man' Paris Direkrut Jadi Petugas Pemadam Kebakaran
Mamoudou Gassama (dua kiri) berbicara dengan salah satu petugas pemadam kebakaran di Paris, Prancis, Selasa 29 Mei 2018. (Foto: Erwan Thepault/AFP/Getty Images)

Paris: Mamoudou Gassama, pria 22 tahun asal Mali yang dianggap pahlawan usai menyelamatkan seorang anak kecil di sebuah balkon lantai empat, telah diberikan status imigran resmi dan bergabung dengan dinas pemadam kebakaran.

Gassama mendapat pujian luas di Prancis, Mali dan seluruh dunia usai video penyelamatan heroik di Paris menjadi viral. Dalam video, Gassama memanjat dari balkon ke balkon dan menyelamatkan seorang anak kecil dengan tangan kosong tanpa alat pengaman.

Setelah dokumen Gassama diproses pada Selasa 29 Mei 2018, seperti dilansir dari Guardian, ia mengunjungi kantor dinas pemadam kebakaran. Gassama menandatangani kontrak kerja magang selama 10 bulan dengan bayaran sekitar 600 euro per bulan.

Sesuai janji Presiden Prancis Emmanuel Macron, Gassama akan menerima status kewarganegaraan Prancis dalam kurun waktu sekitar tiga bulan.

Baca: Macron Janjikan Kewarganegaraan kepada 'Spider-Man' Paris

Meninggalkan Mali saat masih remaja, Gassama melakukan perjalanan via Libya menuju pesisir Italia. Dia menghabiskan waktu empat tahun di Italia, sebelum akhirnya tiba di Prancis pada September tahun lalu.

Tanpa dokumen resmi di Prancis, Gassama tidur di lantai sebuah hunian bagi imigran di Montreuil. Ia harus berbagi ruangan sempit bersama enam imigran lainnya.

Wali Kota Montreuil Patrice Bessac memuji keberanian Gassama dan menjanjikan hunian layak. "Saya bangga melihat imigran yang memperkaya komunitas kita," tutur dia.

Kepala otoritas lokal di Seine-Saint-Denis, yang sedang memproses permohonan kewarganegaraan Prancis Gassama, berkata: "Dia menolong seseorang yang sedang dalam bahaya, yang bukan hal biasa dalam masyarakat kita."

 


(WIL)