Putin Ingin Habisi Teroris yang Jatuhkan Pesawat Rusia

Willy Haryono    •    Selasa, 17 Nov 2015 17:46 WIB
pesawat rusia jatuh di mesir
Putin Ingin Habisi Teroris yang Jatuhkan Pesawat Rusia
Presiden Vladimir Putin (tengah) bersama sejumlah petinggi keamanan Rusia dalam pertemuan di Moskow, Selasa (17/11/2015). (Foto: AFP/ALEXEI NIKOLSKY / SPUTNIK)

Metrotvnews.com, Moskow: Penyebab jatuhnya pesawat maskapai Rusia di Mesir terungkap. Biro Keamanan Rusia (FSB) menyebut bom seberat 1 kilogram meledak di dalam pesawat, dan menewaskan seluruh penumpang serta kru dengan total 224 orang.

Kelompok militan Islamic State (ISIS) mengklaim bertanggung jawab atas jatuhnya pesawat Rusia di Sinai. Presiden Vladimir Putin geram dan bertekad membalas dendam. 

"Ini bukan kali pertamanya Rusia menghadapi kejahatan terorisme," kata Putin dalam pertemuan dengan beberapa petinggi keamanan di Moskow, Senin (16/11/2015).

"Kematian warga kita di Sinai adalah kejahatan paling mematikan dalam hal jumlah korban jiwa. Kita tidak akan menghapus air mata ini dari jiwa dan hati kita. Kejadian ini akan tetap bersama kita selamanya, tapi kita tidak akan berhenti mencari dan menghukum kriminal-kriminal itu," tutur dia, seperti dikutip AFP. 

"Kita akan mencari mereka di mana pun mereka bersembunyi. Kita akan mencari ke seluruh pelosok dunia dan menghukum mereka semua," sambung dia. 

Langkah pertama yang dilakukan Putin adalah meningkatkan serangan udara di Suriah. Dalam waktu dekat, Rusia akan melancarkan serangan terbaru di sekitar Raqqa, area yang diklaim ISIS sebagai ibu kota mereka. 

Rusia juga bersedia bekerja sama dengan pemberontak dan kelompok oposisi di Suriah untuk menghabisi ISIS. 

"Misi udara di Suriah tidak hanya akan dilanjutkan, tapi juga diintensifkan agar kriminal-kriminal itu mengerti bahwa balas dendam merupakan sesuatu yang tidak dapat dihindari," tegas Putin. 


(WIL)