Inggris-Uni Eropa Rundingkan Brexit Pekan Depan

Sonya Michaella    •    Jumat, 16 Jun 2017 13:31 WIB
brexit
Inggris-Uni Eropa Rundingkan Brexit Pekan Depan
Lewat referendum, Inggris memutuskan untuk keluar dari Uni Eropa. (Foto: AFP)

Metrotvnews.com, London: Negosiasi keluarnya Inggris dari Uni Eropa akan digelar pekan depan, tepatnya Senin 19 Juni, di Brussels.

Pernyataan ini dirilis secara resmi oleh Kementerian Luar Negeri Inggris yang sebelumnya telah disepakati oleh Menteri Brexit David Davis dan Kepala Perunding Utama Komisi Eropa Michel Barnier.

Dilansir AFP, Jumat 16 Juni 2017, mayoritas warga Irlandia Utara ingin Inggris tetap tinggal di dalam Uni Eropa. Pasalnya, Irlandia disebut akan mencapai kemakmuran dengan terus bekerja sama dengan Inggris.

Perbatasan Irlandia Utara dengan Republik Irlandia akan menjadi satu-satunya perbatasan darat Inggris setelah nantinya Inggris benar-benar keluar dari blok tersebut.

Untuk membuat pembicaraan Brexit ini sukses, Perdana Menteri Inggris, Theresa May bahkan membentuk pemerintah baru bersama Partai Uni Demokrat Irlandia Utara (DUP).

May telah meminta persetujuan Ratu Elizabeth II untuk membentuk pemerintahan baru, menyusul kegagalan pemilu di mana partai Konservatif yang ia pimpin kehilangan mayoritas kursi di parlemen.

"Kami akan terus bekerja dengan teman-teman dan sekutu kami, terutama di Partai Uni Demokrat," tegas May.

Ia menganggap, kedua partai telah menjalani hubungan yang kuat selama beberapa tahun ini dan itu membuat ia percaya diri akan bisa bekerja sama demi kepentingan Kerajaan Inggris.


(FJR)