Dikepung Demonstran, Melania Trump Tak Ikut Acara G20

Willy Haryono    •    Jumat, 07 Jul 2017 20:34 WIB
ktt g20
Dikepung Demonstran, Melania Trump Tak Ikut Acara G20
Melania Trump turut bersedih atas semua yang mengalami luka-luka dalam unjuk rasa di Hamburg, Jerman. (Foto: Getty)

Metrotvnews.com, Hamburg: Ibu Negara Amerika Serikat Melania Trump tidak bisa meninggalkan kediaman sementaranya di Hamburg, Jerman, di tengah gelombang unjuk rasa masif menentang Konferensi Tingkat Tinggi G20. 

Istri dari Donald Trump pun terpaksa berdiam diri dan tidak bisa ikut acara pertemuan istri-istri kepala negara. 

"Sejauh ini kami belum mendapat izin dari polisi untuk meninggalkan kediaman ini," ujar juru bicara Trump, seperti dilaporkan kantor berita DPA, Jumat 7 Juli 2017, 

Kota Hamburg, yang menjadi lokasi KTT G20 tahun ini, diwarnai aksi unjuk rasa anti-G20 yang sudah melukai 130 petugas keamanan. Situasi di Hamburg kian memanas, dan media lokal melaporkan kepolisian setempat kini meminta bantuan dari negara bagian lain. 

"Saya khawatir terhadap yang terluka dalam unjuk rasa #Hamburg. Semoga semua orang tetap aman! #G20," tulis Melania di akun Twitter. 

Hingga saat ini, keamanan di KTT G20 ditangani 200 ribu aparat penegak hukum. Kepolisian Jerman bersiap menghadapi 100 ribu pengunjuk rasa pada 7-8 Juli ini. 

Demonstrasi bertajuk "Selamat Datang di Neraka" di Hamburg berujung bentrok tidak lama setelah dimulai, menjelang pertemuan G20 yang mempertemukan sejumlah pemimpin dunia. 

Untuk membubarkan pendemo yang berjumlah sekitar 12 ribu, polisi menggunakan meriam air dan gas air mata.

Pendemo menilai sejumlah kebijakan G20 telah membuat dunia seperti neraka yang dipenuhi kelaparan, perang dan bencana.

 


(WIL)