Uni Eropa Serukan Solusi Diplomatik atas Konflik Suriah

Willy Haryono    •    Selasa, 17 Apr 2018 15:14 WIB
krisis suriahuni eropakonflik suriah
Uni Eropa Serukan Solusi Diplomatik atas Konflik Suriah
Pertemuan para petinggi Uni Eropa di Luxembourg, 16 April 2018. (Foto: AFP/EMMANUEL DUNAND)

Luxembourg City: Uni Eropa mengaku memahami serangan koalisi Barat yang ditujukan kepada Suriah pada 14 April. Namun, UE menegaskan solusi diplomatik masih menjadi satu-satunya opsi untuk mencapai perdamaian di Suriah. 

Sebanyak 28 menteri luar negeri dari negara anggota UE berkumpul Luxembourg, Senin 16 April 2018, untuk mendiskusikan cara menghidupkan kembali proses perdamaian politik Suriah.

Seperti dikutip Presstv.com, pertemuan digelar usai koalisi Barat menggempur Damaskus dan area sekitarnya serta provinsi Homs akhir pekan kemarin.

Aksi trilateral tersebut dilakukan dalam merespons dugaan penggunaan senjata kimia di Douma yang menewaskan sedikitnya 40 orang pada 7 April.

Serangan mengenai tiga situs: satu di Damaskus dan dua di kota Hom. Presiden AS Donald Trump mengklaim ketiga situs itu "terasosiasi dengan kemampuan senjata kimia" milik pemerintah Suriah.

Suriah membantah terlibat dalam serangan kimia di Douma. Bersama Rusia, Suriah menyerukan adanya investigasi di Douma oleh Organisasi Pelarangan Senjata Kimia. OPCW dijadwalkan tiba di Douma pada Rabu besok. 

Dalam pernyataan gabungan di Luxembourg, 28 menlu Uni Eropa "mengecam keras" apa yang mereka klaim sebagai "penggunaan senjata kimia secara terus-menerus" di Suriah. 

Para menlu menegaskan akan mendukung segala upaya yang bertujuan mencegah terulangnya penggunaan senjata kimia di Suriah. 

"Dewan (UE) memahami serangan udara AS, Prancis dan Inggris hanya untuk mencegah penggunaan senjata serta bahan kimia berbahaya," ungkap pernyataan gabungan para menlu. 

Pekan depan, UE dan Perserikatan Bangsa-Bangsa akan menggelar konferensi selama dua hari di Brussels untuk membahas masa depan Suriah dan kawasan.

 


(WIL)


62 Militan Al-Shabab Tewas Dihantam Serangan AS

62 Militan Al-Shabab Tewas Dihantam Serangan AS

10 hours Ago

Militer Amerika Serikat (AS) mengatakan telah menewaskan 62 anggota kelompok militan Al-Shabab…

BERITA LAINNYA