Paus Fransiskus Merasa Dekat dengan Warga Sulawesi

Willy Haryono    •    Minggu, 30 Sep 2018 22:14 WIB
paus fransiskusGempa Donggala
Paus Fransiskus Merasa Dekat dengan Warga Sulawesi
Paus Fransiskus. (Foto: AFP)

Vatikan: Paus Fransiskus menyampaikan duka mendalam kepada Indonesia yang dilanda musibah gempa bumi dan tsunami. Bencana alam di Palu dan Donggala serta wilayah sekitarnya di Sulawesi Tengah ini telah menewaskan lebih dari 800 orang.

Bersama banyak orang di Lapangan Santo Petrus di Vatikan, Minggu 30 September 2018, Fransiskus mengaku "merasa dekat dengan warga Sulawesi."

"Saya berdoa untuk korban tewas -- yang sangat disayangkan jumlahnya begitu banyak -- juga untuk korban luka, dan bagi mereka yang kehilangan rumah serta pekerjaan," ungkap Fransiskus, seperti dilansir dari situs Vatican News.

"Semoga Tuhan meringankan beban mereka semua, dan memberikan kekuatan kepada para petugas yang sedang berjuang menanggulangi bencana," lanjut dia.

Baca: Tiongkok Yakin Indonesia Mampu Bangkit dari Bencana

Ucapan duka mengalir dari banyak negara dan tokoh dunia. Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mengatakan Sekjen PBB Antonio Guterres dan mayoritas negara anggota organisasi tersebut telah mengucapkan duka cita untuk Indonesia.

Data terbaru Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyatakan 832 orang tewas akibat gempa dan tsunami di Palu serta Donggala, dengan 540 lainnya mengalami luka berat.

Jumlah korban dapat bertambah karena masih ada sejumlah orang yang dilaporkan hilang.

 


(WIL)