Inggris Tunjuk Menteri Pencegahan Bunuh Diri

Marcheilla Ariesta    •    Rabu, 10 Oct 2018 13:44 WIB
inggris
Inggris Tunjuk Menteri Pencegahan Bunuh Diri
Perdana Menteri Inggris Theresa May bentuk Kementerian Pencegahan Bunuh Diri. (Foto: AFP).

London: Perdana Menteri Inggris Theresa May menunjuk menteri pertama untuk Kementerian Pencegahan Bunuh Diri. Menteri Kesehatan Jackie Doyle-Price yang akan mengambil peran baru tersebut.
 
Kementerian baru ini dibuat untuk mengurangi upaya bunuh diri. Tak hanya itu, kementerian ini juga bertugas menghilangkan stigma yang dirasakan beberapa orang ketika mencari bantuan.
 
"Menteri akan memimpin upaya nasional pada pencegahan bunuh diri, menyatukan pasukan tugas menteri dan bekerja dengan pemerintah pusat maupun daerah, para ahli dalam pencegahan bunuh diri," kata pemerintah Inggris dalam pernyataan tertulis, dilansir dari laman UPI, Rabu 10 Oktober 2018.
 
May mengatakan pemerintah menjanjikan USD2,4 juta atau sekitar Rp36 miliar kepada badan amal Samaria untuk menyediakan pendanaan bagi bantuan gratis selama empat tahun ke depan.
 
"Kita dapat mencegah dan mengakhiri tragedi bunuh diri yang mengambil terlalu banyak nyawa. Kita dapat memberikan kesejahteran mental anak-anak kita, mereka prioritas yang sangat berharga," imbuhnya.
 
Para ahli kesehatan Inggris memuji langkah tersebut. Namun tidak sedikit yang mengatakan hal tersebut tidak memenuhi kebutuhan layanan kesehatan mental yang memadai.
 
Di Inggris, 4.500 orang bunuh diri setiap tahun. Mayoritas pelaku bunuh diri adalah pria di bawah 45 tahun.


(FJR)