SMA di Inggris Dihebohkan 'Siswa Berusia 30 Tahun'

Willy Haryono    •    Sabtu, 03 Nov 2018 16:00 WIB
inggris
SMA di Inggris Dihebohkan 'Siswa Berusia 30 Tahun'
SMA Stoke di Ipswich, Inggris. (Foto: BBC)

Ipswich: Sebuah sekolah menengah atas di Inggris diinvestigasi usai sejumlah orang tua dan siswa melaporkan dugaan adanya seorang murid yang "berusia 30 tahun." Media lokal menyebut murid itu adalah seorang pencari suaka yang masuk ke SMA Stoke di Ipswich untuk tahun ajaran baru.

Pihak sekolah mengaku sudah menghubungi Kementerian Dalam Negeri Inggris terkait kasus ini. Namun pihak kementerian mengaku tidak dapat mengomentari kasus tunggal yang berskala lokal.

Sementara itu, seorang siswa SMA Stoke mengunggah sebuah foto di media sosial dengan tulisan, "Bagaimana bisa ada pria berusia 30 tahun di kelas kami?" Namun ada juga beberapa siswa yang merasa murid yang dimaksud tidak berusia 30 tahun, melainkan hanya seorang korban perundungan.

"Ini adalah urusan Kementerian Dalam Negeri. Mereka sedang menyelidiki kasus ini setelah kami menghubungi mereka," ucap manajemen SMA Stoke, seperti dikutip dari kantor berita BBC, Sabtu 3 November 2018.

"Saat ini murid yang dimaksud tidak masuk ke sekolah," lanjutnya.

Sejumlah orang tua siswa mengaku khawatir terhadap kasus ini. Mereka memilih tidak mengizinkan anak pergi ke sekolah hingga kasus tersebut diselesaikan.

"Anak-anak saya tidak akan datang ke sekolah hingga pria itu sudah tidak ada," ujar Victoria Newby, salah satu orang tua siswa, merujuk pada murid yang diduga berusia 30 tahun.

Media The East Anglian Daily Times melaporkan bahwa sejumlah orang tua menduga "pria" itu berbohong terkait usianya agar bisa mendapat sertifikat pendidikan GCSE.


(WIL)