Putin: Sanksi Apapun Tidak Berguna untuk Korut

Sonya Michaella    •    Selasa, 05 Sep 2017 14:13 WIB
rudal korut
Putin: Sanksi Apapun Tidak Berguna untuk Korut
Presiden Rusia Vladimir Putin (kiri) bersama Presiden Tiongkok Xi Jinping dalam BRICS Summit 2017. (Foto: AFP)

Metrotvnews.com, Moskow: Presiden Rusia Vladimir Putin memperingatkan bahwa malapetaka global akan datang bagi dunia internasional terkait dengan krisis Korea Utara (Korut), kecuali ada solusi diplomatik yang bisa dicapai.

"Beralih ke sanksi apapun, tidak ada gunanya dan tidak efisien," ucap Putin, seperti dikutip dari AFP, Selasa 5 September 2017.

"Semua ini bisa menyebabkan malapetaka dan korban berjatuhan," ungkap dia lagi.

Rusia, yang merupakan sekutu Korut, juga turut mengecam peluncuran misil balistik Negara Komunis tersebut pada Minggu 3 September kemarin, yang disertai dengan bom hidrogen.

Kecaman juga datang dari sekutu Pyongyang yang lain, Tiongkok. Presiden Xi Jinping dikabarkan mengecam keras uji coba Pyongyang tersebut.

Komentar juga datang dari Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe yang menggambarkan uji coba tersebut sebagai sesuatu yang sepenuhnya tak bisa diterima.

Peluncuran misil balistik yang keenam kalinya ini pun membuat Amerika Serikat berang. Dalam akun Twitter pribadinya, Presiden Donald Trump mengatakan propaganda dan tindakan Korut semakin membahayakan AS.

"Korut adalah negara jahat yang telah berubah menjadi ancaman besar. Tingkah mereka akan membuat malu sekutunya, Tiongkok," tulis Trump.





(WIL)