PM Abadi: Irak Resmi Umumkan Kemenangan

Nur Azizah    •    Selasa, 11 Jul 2017 03:39 WIB
isis
PM Abadi: Irak Resmi Umumkan Kemenangan
Sejumlah tentara di Irak merayakan kemenangannya atas terror ISIS di Mosul. Foto: FADEL SENNA/AFP

Metrotvnews.com, Irak: Perdana Menteri Irak Haider al-Abadi secara resmi mengumumkan kemenangan atas terror ISIS di Mosul. Abadi kemudian mengibarkan bendera nasional Irak setelah kekalahan ISIS.

Abadi membuat deklarasi kemenangan di ruang operasi Layanan Kontra Terorisme. Kekalahan ISIS di Mosul dianggap sebagai keruntuhan negara teroris.

"Saya mengumumkan bahwa dari sini adalah kegagalan dan runtuhnya negara teroris,” kata Abadi seperti yang dikutip dari BBC, Selasa, 11 Juli 2017.

Abadi juga mengucapkan selamat kepada pasukan Irak atas kemenangannya mengalahkan kelompok militan Islamic State (ISIS).

Kemarin, Abadi berkeliling Mosul dengan berjalan kaki bersama sebagian penduduk Mosul, kota kedua terbesar di Irak, setelah Baghdad.

Namun, serangan udara dan suara tembakan memang masih terdengar di jalan-jalan sempit di Kota Tua ini tak membuat Abadi gentar untuk berkeliling Mosul.

Abadi pun menyempatkan diri untuk bertemu dengan Komandan Pasukan di Mosul Barat yang memimpin pertempuran tersebut

Sebelumnya, Amerika Serikat mendukung pasukan Irak untuk merebut kembali kota itu sejak 17 Oktober tahun lalu.

ISIS menduduki Mosul pada Juni 2014, sebelum menyapu sebagian besar wilayah Arab Sunni di Irak dan mendeklarasikan "kekhilafahan" yang meliputi Irak dan Suriah.

Pejuang Peshmerga Kurdi, milisi Arab Sunni dan Syiah, didukung pesawat tempur koalisi pimpinan AS dan para penasihat militer, terlibat dalam pertempuran.

Pada Sabtu 9 Juli 2017, para militan ISIS bertahan ketat di daerah kecil di dekat Kota Tua Mosul. Televisi pemerintah mengatakan bahwa militer Irak diperkirakan dapat mengambil kendali penuh Mosul dalam beberapa jam.


(AZF)