Ledakan Kuat Guncang Pabrik Kimia di Jerman

Willy Haryono    •    Rabu, 10 Sep 2014 11:57 WIB
radiasi kimia
Ledakan Kuat Guncang Pabrik Kimia di Jerman
Api dan asap hitam membumbung tinggi dari sebuah pabrik pembuangan limbah di Ritterhude, Jerman -- INGO WAGNER / DPA / AFP

Metrotvnews.com, Ritterhude: Ledakan keras mengguncang sebuah fasilitas pembuangan bahan kimia di dekat Bremen, kota Ritterhude, Jerman, Selasa (9/9/2014) malam. Sejumlah orang terluka dalam kejadian tersebut.

Polisi melaporkan pada kantor berita DPA bahwa satu orang mengalami luka bakar serius akibat terkena ledakan. Kuatnya ledakan juga merusak 30 hingga 40 rumah di dekat lokasi.

"Beberapa rumah hanya berjarak 20 meter dari pabrik. Ledakan itu menghancurkan kaca jendela dan merusak pintu serta atap rumah," ucap salah seorang aparat, seperti dilansir AP.

Korban luka bakar ditemukan di balik puing bangunan, dan beberapa warga lainnya menderita luka ringan hingga sedang. Ledakan yang terdengar hingga beberapa kilometer itu memicu timbulnya api.

"Sejak lama kami khawatir akan terjadi sesuatu pada fasilitas ini," ujar Wali Kota Ritterhude, Susanne Geils. "Kami berulang kali mengatakan bahwa pabrik ini tidak boleh berdiri di sini."

Juru bicara kepolisian lokal Verden-Osterholz, Marcus Neumann, mengaku belum dapat memastikan penyebab ledakan.


(WIL)