Spanyol Gunakan Semua Upaya Halau Kemerdekaan Catalonia

Sonya Michaella    •    Rabu, 11 Oct 2017 16:31 WIB
referendum catalonia
Spanyol Gunakan Semua Upaya Halau Kemerdekaan Catalonia
Catalonia tunda dekralasi kemerdekaan. (Foto: AFP)

Metrotvnews.com, Madrid: Perdana Menteri Spanyol Mariano Rajoy dikabarkan sedang mempelajari semua opsi yang tersedia untuk menahan rencana 'perceraian' Catalonia dengan Spanyol.

Opsi, yang tidak dijabarkan secara lengkap ini, tersedia lengkap saat Rajoy mengadakan rapat darurat terkait penundaan deklarasi kemerdekaan Catalonia.

"Perdana Menteri mempelajari semua opsi yang tersedia," ucap seorang sumber pemerintahan, dikutip dari AFP, Rabu 11 Oktober 2017.

Rajoy bersumpah akan menggunakan segala sesuatu dalam kekuasaannya untuk mencegah kemerdekaan dan menolak peraturan langsung atas wilayah semi otonom tersebut. Langkah yang diambilnya ini, menurut para analis dapat menimbulkan kerusuhan.

Pasalnya, kata Rajoy, yang dipertaruhkan adalah masa depan sebuah wilayah berpenduduk 7,5 juta orang. Dan wilayah di Catalonia merupakan salah satu kekuatan ekonomi Spanyol.

Politik Spanyol yang menentang kemerdekaan Catalonia membuat Presiden Catalonia Carles Puigdemont dan kalangan separatis di wilayah tersebut agak goyah.

Wakil Perdana Menteri Soraya Saenz de Santamaria menuturkan bahwa Puigdemont orang yang tidak berpendirian tetap dan mudah goyah.

Sementara itu, para warga Barcelona menetang penundaan deklarasi kemerdekaan tersebut, salah satunya Maria Rosa Bertran. Menurutnya, semakin cepat berpisah dari Spanyol, Catalonia bisa bebas dari penderitaan.



(FJR)