Kapal Penyelamat Evakuasi Ratusan Imigran ke Italia

   •    Senin, 21 Nov 2016 04:41 WIB
imigran
Kapal Penyelamat Evakuasi Ratusan Imigran ke Italia
Ilustrasi

Metrotvnews.com, Messina: Sebuah kapal penyelamat yang membawa lebih dari 200 imigran dan delapan mayat, Minggu (20/11/2016) waktu setempat berlabuh di Sisilia, Italia.

Setelah sebelumnya menjadi pekan yang mematikan di Mediterania, yakni lokasi ratusan orang tenggelam saat berusaha untuk mencapai Eropa dari Libya.

Para penumpang Kapal Bourdon Argos ini merupakan korban, para medis dan juga di dalamnya termasuk 27 orang yang berhasil diselamatkan Angkatan Laut Inggris dan dipindahkan dari perahu karet yang kehilangan udara. 

Enam jenazah dievakuasi dari air dan 97 orang lain yang berada di perahu itu dikhawatirkan hilang dan tewas. Secara total, diperkirakan 365 migran tenggelam pekan lalu di Mediterania, menurut Organisasi Internasional untuk Migrasi (IOM), seperti dilansir Antara, Senin (21/11/2016).

Para penyintas mengatakan penyelundup  yang menodongkan senjatanya menarik perahu mereka ke laut selama dua jam dan kemudian memaksa mereka untuk menyerahkan jaket penyelamat yang telah mereka bayar bersama mesin perahu hingga meninggalkan mereka hingga hanyut.

"Pada saat itu saya pikir kami akan mati, saya tahu kami tidak berada dekat dengan Italia dan tanpa mesin kami tidak bisa bergerak jauh. Penyelundup mengatakan kepada kami bahwa kami akan diselamatkan, tapi saya merasa kami
akan mati," kata Abdoullae Diallo (18) korban selamat dari Senegal.

British Royal Navy HMS Enterprise, yang berpatroli sebagai bagian dari misi anti-penyelundupan Uni Eropa Sophia, mengevakuasi korban yang bertahan pada  yang tersisa dari perahu karet itu sekitar 55 mil laut dari Tripoli.

Korban tewas di Mediterania diperkirakan berjumlah 4.636 orang tahun ini, 1.000 lebih banyak daripada jumlah total pada tahun 2015.

Sementara, lebih dari 168.000 migran telah mencapai Italia dengan perahu tahun ini, lebih dari jumlah total 154.000 untuk sepanjang tahun 2015 dan dengan cepat mendekati rekor tahun 2014 yaitu 170.000.

Italia telah menanggung beban pendatang baru sejak pelaksanaan kesepakatan antara Uni Eropa dan Turki pada Maret untuk mengekang arus imigran berlayar
menuju Yunani.


(SCI)

Hasil Referendum Italia dan Hubungannya dengan Uni Eropa

Hasil Referendum Italia dan Hubungannya dengan Uni Eropa

1 day Ago

Perdana Menteri Italia Metteo Renzi mundur dari jabatannya setelah gagal menang dalam referendum…

BERITA LAINNYA