PM Hongaria Klaim Kemenangan Historis dalam Pemilu

Willy Haryono    •    Senin, 09 Apr 2018 13:06 WIB
hongaria
PM Hongaria Klaim Kemenangan Historis dalam Pemilu
PM Hongaria Viktor Orban dan partai Fidesz mendeklarasikan kemenangan pemilu di Budapest, 8 April 2018. (Foto: AFP/ATTILA KISBENEDEK)

Budapest: Tokoh nasionalis Perdana Menteri Viktor Orban mengklaim "kemenangan historis" dalam pemilihan umum pada Minggu 8 April 2018, saat hasil penghitungan suara menempatkan partai sayap kanannya unggul dari para pesaingnya. 

Dengan hampir 98 persen suara telah dihitung, partai Fidesz milik PM Orban telah meraup 48,81 persen dukungan. Data disampaikan Komisi Pemilihan Umum Nasional Hongaria (NVI). 

Raihan Fidesz melebihi ekspektasi internal partai, yang merupakan kemajuan besar sejak empat tahun terakhir. Kemenangan ini memuluskan jalan PM Orban untuk kembali berkuasa di periode ketiga. 

Sementara Partai Jobbik hanya mendapat 19.67 persen suara, kubu sosialis 12,42 persen dan partai LMP 6,97 persen.

Tingkat keikutsertaan warga dalam pemilu mencapai 69,26 persen, lebih besar tujuh poin dari pemilu 2014. Sejumlah tempat pemungutan suara terpaksa dibuka lebih lama karena banyaknya warga yang ingin menggunakan hak pilihnya. 

Menyapa para pendukungnya di Budapest pada Minggu malam, seperti dilansir AFP, PM Orban menyebut hasil ini memberikan "kesempatan melindungi diri masyarakat dan negara Hongaria."

Kerumunan orang di ibu kota Hongaria bersorak-sorai saat layar raksasa memperlihatkan peta elektoral yang memperlihatkan keunggulan telak partai Fidesz.

Di akhir pidatonya, PM Orban meminta warga untuk menyanyikan lagu revolusi 1848, "Long Live Hungarian Freedom."


(WIL)