Jurnalis Inggris Konfrontir Putin Terkait Pembunuhan Mata-mata

Fajar Nugraha    •    Selasa, 13 Mar 2018 19:16 WIB
rusia
Jurnalis Inggris Konfrontir Putin Terkait Pembunuhan Mata-mata
Presiden Rusia Vladimir Putin diminta menjelaskan tuduhan keterlibatan aparatnya dalam pembunuhan mantan mata-mata Rusia di Inggris (Foto: AFP).

Moskow: Seorang jurnalis Inggris mengkonfrontir Presiden Rusia Vladimir terkait tewasnya seorang mantan mata-mata Rusia di Inggris. Tanggapan Putin pun tak diduga.
 
(Baca: PM Inggris: Kemungkinan Rusia Serang Eks Mata-Mata).
 
Koresponden BBC di Moskow Steve Rosenberg memberikan pertanyaan kepada Putin mengenai tewasnya Sergei Skripal di Inggris. Skripal diduga tewas karena diracun.
 
"Apakah Rusia berada di balik kematian dari Sergei Skripal yang diracun," tanya Rosenberg kepada Putin saat itu, seperti dikutip dari Business Insider, Selasa 13 Maret 2018.
 
Putin hampir mengacuhkan pertanyaan dari jurnalis itu. Tetapi Putin akhirnya menjawab pertanyaan tersebut dalam sebuah kegiatan di Krasnodar.
 
"Saat ini kami sedang sibuk di sini dengan kegiatan agrikultur. Anda lihat sendiri bahwa tujuannya untuk mencipatkan kondisi yang baik bagi kehidupan warga dan kemudian Anda datang untuk menanyakan tragedi ini," jawab Putin.
 
"Selidiki hal ini sampai tuntas, baru kita berbicara tentang kasus itu," tegas Putin.
 
Tanggapan Putin keluar setelah Perdana Menteri Inggris Theresa May mengatakan bahwa kemungkinan kuat Rusia berada di balik pembunuhan itu.
 
May mendesak agar Rusia segera memberikan respons jelas secepatnya. Khususnya dengan bukti yang dikumpulkan oleh penyelidik Negeri Ratu Elizabeth.


(FJR)