Imam Besar Al-Azhar Temui Paus Fransiskus di Vatikan

Sonya Michaella    •    Jumat, 10 Nov 2017 11:19 WIB
paus fransiskusmesir
Imam Besar Al-Azhar Temui Paus Fransiskus di Vatikan
Paus Fransiskus saat menerima kunjungan Imam Besar Al-Azhar di Vatikan. (Foto: AFP)

Vatikan: Imam Besar Al-Azhar, Ahmed al-Tayeb mengunjungi Roma dan bertemu Paus Fransiskus di Vatikan. Dilaporkan, keduanya sepakat untuk memperkuat kerja sama memerangi terorisme dan menciptakan perdamaian.

Pertemuan ini terjadi pada 7 November kemarin di sela konferensi yang diselenggarakan Komunitas St Egidio di Roma.

Dilansir dari SBS, Jumat 10 November 2017, pembahasan lebih lanjut soal pertemuan Imam Ahmed dan Paus Fransiskus enggan dibeberkan oleh Gereja Katedral Vatikan.

"Keduanya bicara mengenai keharmonisan antarumat beragama, memperjuangkan keadilan, toleransi dan kesetaraan," sebut pernyataan dari Gereja.

Dalam pernyataan terpisah, Imam Ahmed mengatakan dua agama berusaha untuk menemukan cara demi mengurangi penderitaan orang-orang di dunia.

"Paus adalah orang yang memiliki hati penuh cinta dan keinginan membawa manfaat untuk manusia. Dialog antar agama harus selalu dilakukan," kata Imam Ahmed.

Ini adalah kunjungan kedua Imam Ahmed ke Vatikan. Pertemuan pertamanya dengan Paus pada Mei 2016 menandai sebuah langkah maju yang penting setelah lima tahun terjadinya dialog antara Takhta Suci dan universitas bergengsi Al-Azhar.

Pada April 2017, Paus Fransiskus menjadi Paus pertama yang mengunjungi markas Al-Azhar dan mengikuti konferensi perdamaian internasional.


(FJR)