Ratusan Orang Hadiri Acara Kampung Indonesia di KBRI Stockholm

Sonya Michaella    •    Senin, 31 Jul 2017 13:01 WIB
indonesia-swedia
Ratusan Orang Hadiri Acara Kampung Indonesia di KBRI Stockholm
Acara Kampung Indonesia di KBRI Stockholm, Swedia, 28-29 Juli 2017. (Foto: Dok KBRI Stockholm)

Metrotvnews.com, Stockholm: Salah satu alat musik tradisional khas Indonesia, angklung, memeriahkan acara Kampung Indonesia di KBRI Stockholm, 28-29 Juli 2017, di Lapangan Kungstradgarden, Swedia.

Turut hadir dalam acara Wakil Wali Kota Bandung, Oded Muhamad Danial, yang secara langsung memperkenalkan pagelaran musik dari Saung Angklung Udjo.

Tidak hanya musik dari Mang Udjo, sajian nasi goreng kampung dicampur fermentasi ikan Haring racikan Master Chef Indonesia William Wongso juga mampu memikat para penonton. 

Pengunjung juga dimanjakan masakan khas nusantara lainnya: sate maranggi dengan daging ala rusa Swedia (sweden reindeer) dan sate ayam Madura.

"Banyak sekali warga Indonesia yang hadir, ada ratusan. Mereka datang dari luar kota seperti Gothenburg, Uppsala dan Malmö. Warga Swedia juga banyak sekali yang berkunjung ke Kampung Indonesia," ucap Duta Besar RI untuk Swedia, Bagas Hapsoro kepada Metrotvnews.com, Senin 31 Juli 2017.

"Festival ini juga menampilkan foto-foto yang menyajikan keindahan Indonesia hasil bidikan Fotografer Jurnalistik Indonesia, Ebbie Vebri Adrian," tutur dia.



Selain penampilan seni budaya di panggung utama, di sekitar panggung didirikan area stand Kampung Indonesia.

Kampung Indonesia diisi Restoran Indonesia di Stockholm, yakni Restoran Warung dan Erna’s Bistro; produk kerajinan tangan dan batik khas Indonesia; biro perjalanan dan paket wisata ke Indonesia oleh Orient Tours dan Asien Paradisresor; area permainan tradisional anak; maskapai penerbangan Garuda Indonesia; dan Singapore Airlines, serta stand informasi mengenai Indonesia oleh Kementerian Pariwisata Indonesia dan KBRI Stockholm.
 
"Acara ini adalah kesempatan untuk berinteraksi dengan kebudayaan, keramah-tamahan, dan keindahan Indonesia. Indonesia berharap berbagai ragam seni budaya, keindahan alam dan kecantikan obyek pariwisata, dapat meningkatkan arus masuk wisatawan, khususnya dari Swedia untuk berlibur ke Indonesia," ungkapnya lagi.

Stand Indonesia mengangkat tema "Wonderful Indonesia" menarik perhatian kalangan profesional dan masyarakat umum yang mengagumi penampilan tim Malang Flower Carnival dan menikmati hadiah door prize sponsor Garuda Indonesia, Singapore Airlines.
 
Rasa bangga sebagai WNI muncul di kalangan diaspora Indonesia saat menyaksikan secara langsung pertunjukan orkestra angklung Saung Udjo di panggung internasional. Saung Angklung Udjo telah berhasil mempromosikan angklung ke banyak negara di dunia.




(WIL)