Inggris-Arab Saudi Sepakati Investasi Senilai Rp1.244 T

Marcheilla Ariesta    •    Kamis, 08 Mar 2018 13:38 WIB
arab saudiekonomi inggris
Inggris-Arab Saudi Sepakati Investasi Senilai Rp1.244 T
Arab Saudi-Inggris sepakati nilai investasi sebesar Rp1.244 triliun. (Foto: AFP).

London: Inggris dan Arab Saudi menyepakati investasi dan perdagangan senilai 65 miliar poundsterling, sekitar Rp1.244 triliun.

Menurut Perdana Menteri Inggris Theresa May, kesepakatan ini merupakan tanda kepercayaan internasional kepada Negeri Ratu Elizabeth walau dalam tekanan untuk keluar dari Uni Eropa.

"Ini dorongan signifikan bagi kemakmuran Kerajaan Inggris dan jelas menunjukkan kepercayaan internasional yang kuat atas ekonomi kita di saat kita bersiap meninggalkan Uni Eropa," kata juru bicara kantor Perdana Menteri Inggris seusai pertemuan seperti dilansir Sputnik, Kamis 8 Maret 2018.

Pangeran Arab Saudi Mohammed bin Salman bertemu May usai mengadakan lawatan kehormatan dan makan siang bersama Ratu Elizabeth.

Lawatan Putra Mahkota Arab Saudi ini dihiasi protes para warga. Mereka kesal dengan peran kedua negara dalam perang di Yaman.

Koalisi pimpinan Arab Saudi melakukan intervensi militer di Yaman, di mana perang saudara telah menewaskan sekitar 10 ribu orang. Kritik terhadap Riyadh menyatakan serangan-serangan Saudi di Yaman sejak 2015 itu menggunakan senjata yang dipasok dari Inggris.

Pemimpin oposisi dari Partai Buruh Jeremy Corbyn menyatakan penasihat militer Inggris mengarahkan perang di Yaman. Namun, juru bicara May menyatakan personel militer Inggris tidak punya peran dalam serangan udara koalisi dan tidak terlibat dalam memutuskan target serangan.

Dalam pertemuan Delegasi Saudi dengan PM May meluncurkan Dewan Kemitraan Strategis Inggris-Arab Saudi. Di pertemuan juga ditetapkan target perdagangan dan investasi bersama, termasuk investasi langsung di Inggris dan pengadaan publik di Saudi dengan perusahaan-perusahaan Inggris. 

Inggris mengincar saham perusahaan minyak Saudi Aramco, namun belum ada keputusan pekan ini.


(FJR)