Nikaragua Rusuh, Paus Fransiskus Serukan Dialog Damai

Willy Haryono    •    Senin, 04 Jun 2018 10:08 WIB
paus fransiskusnikaragua
Nikaragua Rusuh, Paus Fransiskus Serukan Dialog Damai
Paus Fransiskus dalam misa Corpus Domini di Ostia, Roma, 3 Juni 2018. (Foto: AFP/ALBERTO PIZZOLI/Licensor)

Vatikan: Paus Fransiskus menyerukan adanya dialog damai di Nikaragua setelah bentrokan terbaru di negara tersebut menewaskan sedikitnya tujuh orang, termasuk satu warga Amerika Serikat.

Bentrokan tersebut merupakan kelanjutan dari unjuk rasa anti-pemerintah yang telah menewaskan lebih dari 100 orang.

Gereja Katolik di Nikaragua berusaha memediasi krisis. Namun dialog damai dengan pemerintahan Presiden Daniel Ortega dibatalkan pekan lalu. 

Pembatalan dilakukan usai unjuk rasa damai yang dipimpin sekelompok ibu dari para korban kekerasan justru disambut tembakan senjata api. Peristiwa tersebut menewaskan sedikitnya 16 orang.

Kekerasan kembali meletus pada Sabtu kemarin. Pengunjuk rasa melemparkan mortir buatan sendiri ke arah polisi di kota Masaya dan Tipitapa. Kedua kota tersebut berdekatan dengan ibu kota Managua.

"Saya berdiri bersama saudara-saudara uskup saya di Nikagarua, dan juga turut berduka atas kekerasan yang dilakukan sekelompok orang bersenjata," ujar Fransiskus di Vatikan, seperti dilansir dari AFP, Minggu 3 Juni 2018.

Ia menambahkan, "Gereja Katolik selalu lebih memilih jalan dialog, namun hal tersebut membutuhkan komitmen aktif untuk menghormati kebebasan, dan yang terpenting, nyawa manusia."

Dalam misa di Gereja Metropolitan di Managua, Pastor Luis Herrera mengajak semua orang untuk mendoakan para korban aksi "represif kepolisian."

Sejak meletus pada 18 April, berdasarkan data Pusat Hak Asasi Manusia Nikaragua, bentrokan dan aksi kekerasan di Nikaragua telah menewaskan 110 orang. 

Pemerintah Nikaragua mengeluarkan pernyataan resmi, bahwa pihaknya "sangat bersedia untuk berusaha mengadakan dialog."


(WIL)


Pameran Replika Stasiun Kereta Api Bersejarah di AS

Pameran Replika Stasiun Kereta Api Bersejarah di AS

3 hours Ago

Ribuan pengunjung setiap tahun datang ke U.S. Botanic Garden atau Kebun Raya AS di Washington untuk…

BERITA LAINNYA