Dikabarkan Tewas Dibunuh, Jurnalis Rusia Muncul di Ukraina

Sonya Michaella    •    Kamis, 31 May 2018 06:32 WIB
ukrainarusia
Dikabarkan Tewas Dibunuh, Jurnalis Rusia Muncul di Ukraina
Arkady Babchenko, kedua dari kiri. (Foto: AFP)

Kiev: Jurnalis asal Rusia yang dikabarkan tewas ditembak di Ukraina, Arkady Babchenko, tiba-tiba muncul dalam keadaan sehat di sebuah konferensi pers di Kiev.

Babchenko adalah warga Rusia yang dikenal sering mengkritik sejumlah kebijakan Presiden Vladimir Putin, terutama mengenai operasi militer di Ukraina dan Suriah. Ia memutuskan pindah ke Kiev tahun lalu karena merasa tidak aman lagi tinggal di negaranya.

Kementerian Luar Negeri Rusia menyalahkan Ukraina atas kematian Babchenko, yang disebutnya diakibatkan "penyerangan bersenjata."

Baca: Jurnalis Pengkritik Rusia Tewas Ditembak di Ukraina

Kepala Dinas Keamanan Ukraina Vasyl Grytsak mengungkapkan, skenario pembunuhan tersebut palsu dan sengaja dibuat sebagai bagian dari "operasi khusus".

"Saya masih hidup," kata Babchenko saat tampil dalam konferensi pers, dikutip dari BBC, Kamis 31 Mei 2018.

Sebelum Babchenko muncul, Grystak lebih dulu memaparkan hasil investigasi Kepolisian Ukraina yang sempat menahan seorang warga Ukraina.

"Ia diduga direkrut untuk membunuh Babchenko dengan bayaran USD40 ribu (setara Rp557 juta). Kami berhasil menggagalkan rencana jahat ini dan mengumpulkan bukti keterlibatan Rusia," ujar dia.

Hingga saat ini, pemerintah Rusia pun belum berkomentar tentang munculnya Babchenko dan tuduhan keterlibatan Rusia yang dilayangkan Ukraina. 





(SCI)