Mobil Melaju Dekat Landasan, Bandara Hanover Ditutup

Willy Haryono    •    Minggu, 30 Dec 2018 11:05 WIB
penerbangan duniajerman
Mobil Melaju Dekat Landasan, Bandara Hanover Ditutup
Insiden di Bandara Hanover, Jerman, Sabtu 29 Desember 2018, membuat banyak penerbangan ditunda. (Foto: AFP)

Hanover: Bandara Hanover ditutup selama beberapa jam setelah seorang pria mengemudikan mobilnya melewati pagar dan melaju menuju landasan pacu. Insiden terjadi pada Sabtu 29 Desember 2018, sekitar pukul 15.40 waktu Jerman.

Kepolisian Hanover mengatakan petugas berhasil menghentikan mobil, "menundukkan" pengemudi dan membawanya ke kantor polisi. Penerbangan dari dan menuju Bandara Hanover sempat dihentikan selama investigasi berlangsung. 

Aktivitas di bandara dilanjutkan seperti biasa pada malam hari, setelah aparat keamanan memastikan mobil tersebut tidak menimbulkan ancaman pada penerbangan. Insiden terjadi sepekan usai kepolisian Jerman mengumumkan tengah meningkatkan pengamanan di bandara atas kemungkinan adanya aksi teror.

Seperti dilansir dari laman BBC, polisi meyakini insiden di Bandara Hanover tidak terkait terorisme. Penyelidikan dilakukan dengan dugaan pengemudi mobil tersebut berada di bawah pengaruh narkotika.

Pengemudi tersebut, yang namanya tidak disebutkan, berhasil mengemudi melewati pagar pembatas dan bergerak menuju area parkir pesawat. Serangkaian foto dari pihak bandara memperlihatkan sebuah mobil dan petugas keamanan di dekat pesawat maskapai Aegean Airlines.

Mobil yang menerobos masuk dilaporkan memiliki pelat nomor asal Polandia. Namun informasi kewarganegaraan pengemudi belum diumumkan petugas.

Semua pesawat yang datang menuju Hanover dialihkan ke beberapa lokasi selama penutupan. Polisi mengatakan penerbangan di Hanover berlanjut pada pukul 20.00 malam waktu setempat.

Didatangi jutaan orang pada setiap tahunnya, Bandara Hanover berlokasi sekitar 11 kilometer dari pusat kota. Meski ramai, Hanover dianggap bukan bandara utama di Jerman.


(WIL)