Pedro Sanchez Ucapkan Sumpah Jabatan PM Baru Spanyol

Willy Haryono    •    Minggu, 03 Jun 2018 14:43 WIB
politik spanyol
Pedro Sanchez Ucapkan Sumpah Jabatan PM Baru Spanyol
PM baru Spanyol Pedro Sanchez. (Foto: AFP)

Madrid: Tokoh sosialis Pedro Sanchez dilantik menjadi perdana menteri baru Spanyol oleh Raja Felipe usai lengsernya Mariano Rajoy dari kubu konservatif.

Sanchez, dikenal di Spanyol sebagai seorang atheis, mengucapkan sumpah jabatan tanpa memegang alkitab atau salib -- kali pertama dalam sejarah Spanyol di era modern.

Seperti dilansir dari BBC, Sabtu 2 Juni 2018, Sanchez akan menyelesaikan dua tahun masa kerja parlemen lama yang sebelumnya dipimpin Rajoy. 

Ia berhasil mendapat dukungan dari enam partai lainnya untuk menyingkirkan Rajoy atas skandal korupsi masif.

Sebagai PM baru Spanyol, yang partainya hanya memiliki seperempat kursi di parlemen, dia harus memutuskan siapa-siapa saja yang ada di kabinetnya. Pembentukan kabinet harus sudah selesai pekan mendatang.

Dalam upacara singkat di Madrid, Sanchez yang berusia 46 tahun berjanji menjalankan tugasnya secara baik, menggunakan seluruh kekuatan untuk melindungi konstitusi negara dengan tetap setia terhadap Raja Spanyol.

Ikut serta dalam melengserkan Rajoy, Sanchez mengikuti mosi tidak percaya di parlemen. Mosi tidak percaya dijalankan atas skandal tuduhan dana kampanye rahasia dari partai Rajoy dalam periode 1999 hingga 2005.

Rajoy adalah PM pertama dalam sejarah Spanyol di era modern yang dikalahkan lewat mosi tidak percaya.


(WIL)


Trump Sebut AS Siap Tingkatkan Senjata Nuklir

Trump Sebut AS Siap Tingkatkan Senjata Nuklir

23 hours Ago

Trump menyebut Rusia tidak patuh terhadap semangat dari perjanjian nuklir era Perang Dingin.

BERITA LAINNYA