Tiga Imigran Tewas Tenggelam di Lepas Pantai Spanyol

Willy Haryono    •    Rabu, 12 Apr 2017 22:49 WIB
imigran gelap
Tiga Imigran Tewas Tenggelam di Lepas Pantai Spanyol
Perahu berisi imigran terapung-apung di Laut Mediterania, 5 September 2015. (Foto: AFP)

Metrotvnews.com, Madrid: Tiga imigran dari benua Afrika tewas setelah kapal yang mereka tumpangi tenggelam di Laut Mediterania. Angkatan Laut Spanyol berhasil menyelamatkan 30 orang dalam insiden tersebut. 

Petugas menyelamatkan para imigran setelah kapal mereka tenggelam di dekat pulau Alboran, yang terletak antara pesisir selatan Spanyol dengan Melilla, Afrika Utara. 

Tiga korban tewas terdiri dari seorang bocah perempuan berusia 10 tahun, wanita paruh baya dan satu pria yang usianya belum diketahui. Ketiganya ditemukan dekat lokasi tenggelamnya kapal pada Rabu 12 April 2017 pagi waktu setempat. 

"Mereka berasal dari sub-Sahara Afrika, tapi tidak tahu dari negara mana," kata juru bicara AL Spanyol, seperti dikutip Reuters

Seorang wanita korban selamat dilarikan ke rumah sakit via udara ke kota Almeria. Sejumlah korban selamat lainnya juga dibawa ke kota tersebut. 

Penjaga pantai Spanyol menyelamatkan sembilan imigran, semua dari sub-Sahara Afrika, dari sebuah kapal kecil sekitar 17 kilometer dari kota Tarifa, di ujung selatan Spanyol. 

Organisasi Imigran Internasional (IOM) melaporkan sekitar 1.000 imigran tiba di Spanyol dari Afrika Utara antara 1 Januari dan 9 April 2017, dengan 49 di antaranya meninggal dunia dalam perjalanan melintasi lautan.


(WIL)