Mantan Presiden Italia Meninggal Dunia

Damar Iradat    •    Jumat, 16 Sep 2016 21:40 WIB
obituari
Mantan Presiden Italia Meninggal Dunia
Mantan Presiden Italia Carlo Azeglio Ciampi meninggal dunia. (Foto: AFP/RAIGO PAJULA).

Metrotvnews.com, Roma: Mantan Presiden Italia, Carlo Azeglio Ciampi meninggal dunia di usianya yang ke-95 pada Jumat, 16 September. Ciampi sempat menderita penyakit cukup lama sebelum menghembuskan nafas terakhirnya.

Dikutip dari Reuters, kabar meninggalnya Ciampi dikonfirmasi pemerintahan Italia. Sosok Ciampi dinilai memiliki pengaruh luar biasa yang tidak hanya di Italia, tapi juga di Benua Biru.

"Salah satu ayah kita meninggal dunia. Jika Italia masih menjadi negara kuat, maka kami sangat berhutang pada Ciampi," tulis mantan Perdana Menteri Italia Enrico Letta di Twitter.

Presiden Komisi Eropa, Jean-Claude Juncker juga menyampaikan rasa duka cita. "Hari ini, kita telah kehilangan orang Italia dan orang Eropa yang hebat," tulisnya di Twitter.

Sementara itu, Paus Francis menggambarkan sosok Ciampi sebagai "Orang yang memiliki sopan santun, bijaksana, dan selalu memenuhi kewajibannya," cuit dia.

Ciampi banyak menghabiskan waktunya untuk berkarier di Bank Itala, di mana dia bergabung pada 1946. Selama 14 tahun menjabat sebagai Kepala Bank, Ciampi berhasil melepaskan genggaman Bank Italia dari kontrol politik.

Sebelum menjabat sebagai Presiden, Ciampi sempat menjadi Perdana Menteri Italia dari 1993 hingga 1994. Ia kemudian menjabat sebagai Presiden Italia mulai dari 1999 hingga 2006.


(HUS)

JK Kritisi PBB di Sidang Umum ke-71 PBB

JK Kritisi PBB di Sidang Umum ke-71 PBB

17 hours Ago

Wakil Presiden Jusuf Kalla menyampaikan sejumlah kritik terhadap PBB termasuk saran untuk mereformasi…

BERITA LAINNYA